PPKn X - Semester 2 - Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika - Uji Kompetensi 1

PPKn X - Semester 2 - Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika - Uji Kompetensi 1

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/MA

Kelas X Semester II




BAB 1
Makna, Faktor Pembentuk, dan Penghambat Integrasi Nasional



Uji Kompetensi 1


A. Pilihlah jawaban yang tepat!


1. Integrasi nasional adalah pernyataan bagian bagian yang berbeda dari masyarakat menjadi keseluruhan yang lebih utuh secara sederhana memadukan masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi suatu bangsa. Integrasi nasional tersebut tecermin dalam semboyan . . . .
    a.    Satu hilang esa terbilang
    b.    Sekali berarti sudah itu mati
    c.    Berbeda-beda, tetapi tetap satu jua
    d.    Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
    e.    Yang patah tumbuh yang hilang kan berganti

2. Bangsa Indonesia pernah mengalami periode tanam paksa pada masa kolonial. Petani pribumi diminta menanam komoditas yang diinginkan penjajah. Hasil panen harus dijual kepada penjajah dengan harga yang tidak pantas. Selain itu, rakyat Indonesia mengalami kerja paksa. Rakyat Indonesia diminta membuat jalan tanpa makanan dan minuman yang cukup. Keadaan rakyat Indonesia tersebut menjadi salah satu faktor pendorong integrasi nasional, yaitu . . . .
    a.    Bahasa Indonesia
    b.    Rasa senasib seperjuangan
    c.    Antisipasi ancaman dari luar
    d.    Semangat gotong royong dan solidaritas
    e.    Pemaknaan yang sama atas ideologi nasional

3. Salah satu faktor pendorong integrasi nasional adalah semangat gotong royong, solidaritas, dan toleransi. Semangat tersebut diwujudkan dalam kegiatan . . . .
    a.    Upacara bendera
    b.    Menonton karnaval budaya
    b.    Menolong korban bencana alam
    c.    Menggunakan bahasa Indonesia
    d.    Peringatan hari besar keagamaan

4. Simak informasi berikut!
    Fasilitas umum kini dibuat ramah bagi penyandang disabilitas. Zona kuning bergaris dan bermotif yang sering pejalan kaki temui di jalan, bukan hiasan jalan. Garis tersebut dikenal dengan guiding block. Garis tersebut dirancang bagi penyandang tuna netra agar tidak salah jalan. Akan tetapi, pengguna jalan sering mengabaikan, bahkan sering dipakai untuk area parkir.
Informasi tersebut menunjukkan salah satu faktor yang menghambat integrasi nasional, yaitu . . . .
    a.    Kurangnya kesadaran diri terhadap ancaman dari luar
    b.    Berkembangnya etnosentrisme dalam masyarakat
    c.    Kurangnya kesadaran terhadap perbedaan
    d.    Kurangnya toleransi dan saling menghargai
    e.    Berkembangnya sikap individualis

5. Berdasarkan berita yang dilansir https://www.liputan6.com/otomotif/read/3920444/parah-pelanggaran-lalu-lintas di dki jakarta-meningkat-24-persen,angka pelanggaran lalu lintas di Kota Jakarta meningkat pesat. Pada 2018 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya terdapat pelanggaran sebanyak 1.617.566. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya 1.303.137. Fakta tersebut menunjukkan bahwa integrasi nasional di Indonesia belum sepenuhnya berhasil karena tidak terpunahnya salah satu syarat keberhasilan integrasi nasional, yaitu . . . .
    a.    Semua warga mengimplementasikan nilai dan nomia tanpa paksaan
    b.    Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma
    c.    Anggota masyarakat berhasil saling mengisi kebutuhan
    d.    Norma dan nilai sosial dijadikan aturan baku
    e.    Semua warga meminimalisasi konflik

6. Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk. Kemajemukan di Indonesia berpotensi menimbulkan perpecahan yang membahayakan integrasi nasional. Oleh karena itu, warga negara harus mengembangkan sikap . . . .
    a.    Etnosentris
    b.    Individualis
    c.    Patriotis
    d.    Toleran
    e.    Disiplin

7. Indonesia merupakan negara dengan ke beragaman paling kompleks di dunia. Kemajemukan di negara Indonesia meliputi suku agama, ras, golongan, kebudayaan, dan bahasa Kemajemukan tersebut dapat menjadi pemicu perpecahan yang membahayakan integrasi nasional. Tindakan yang dapat dilakukan warga negara untuk menciptakan integrasi nasional, yaitu . . . .
    a.    Menghapuskan kebudayaan-kebudayaan yang ada dan membentuk kebudayaan baru
    b.    Mengakui satu agama sebagai agama yang wajib dianut warga negara
    c.    Melarang penggunaan bahasa daerah dalam aktivitas sehari-hari
    d.    Mempelajari berbagai kebudayaan daerah lain
    e.    Mengakui salah satu suku bangsa Indonesia

8. Bacalah wacana berikut!
    Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia di Pulau Kalimantan Balikan, penduduk di daerah perbatasan lebih tua dengan uang ringgit daripada rupiah. Mereka menggunakan mata uang ringgit Malaysia untuk transaksi Jual beli pembayaran dalam sehari-hari Mereka memilih berdagang dan berbelanja di memilin Malaysia karena faktor jarak. Bahkan, di perbatasan Malaysia dan Kalimantan Barat hanya butuh waktu 15-30 menit ke Malaysia, sedangkan untuk ke kota kabupaten butuh 8-10 jam dan hanya bisa ditempuh melalui jalur air.
Jika dikaitkan dengan integrasi nasional, kemungkinan yang akan terjadi apabila per masalahan tersebut tidak diatasi adalah . . . .
    a.    Mata uang ringgit Malaysia akan menjadi mata uang resmi negara Indonesia
    b.    Pemerintah Kalimantan Barat akan mem berlakukan dua mata uang yang berbeda di daerah tersebut
    c.    Mata uang rupiah tidak akan diminati seluruh warga negara Indonesia yang masuk ke
Kalimantan Barat
    d.    Semangat bela negara warga yang tinggal di perbatasan akan meningkat seiring ke mudahan pemenuhan kebutuhan sehari-hari
    e.    Hilangnya jiwa nasionalis warga negara Indonesia di daerah perbatasan yang dapat berakibat pada keinginan perubahan status kewarganegaraan

9. Salah satu faktor penghambat integrasi nasional adalah kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan. Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan ditunjukkan oleh perilaku . . . .
    a.    Mengurangi aktivitas bergawai saat berdiskusi dengan orang lain
    b.    Selalu memupuk semangat kedaerahan sebagai wujud nasionalisme
    c.    Berteman tanpa memandang suku, agama, ras, dan antargolongan
    d.    Senantiasa mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
    e.    Mengutamakan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah

10. Menghargai hak orang lain merupakan sikap yang harus dikembangkan demi kukuhnya integrasi nasional. Coba bayangkan sebuah situasi. Anda menyempatkan diri mampir ke taman bacaan. Ada beberapa buku cerita yang Anda butuhkan untuk tugas membuat resensi, Ketika sedang memilih buku, telepon seluler Anda berbunyi. Tampak pada layar, orang tua Anda melakukan panggilan. Di sudut lain, pengunjung yang sedang asyik dengan bacaannya soutak menoleh kepada Anda. Sikap yang hendaknya Anda Lakukan . . . .
    a.    Segera mengangkat panggilan dari orang tua
    b.    Segera menolak panggilan dan mematikan telepon seluler
    c.    Meminta maaf dan membiarkan telepon seluler tetap berdiring
    d.    Segera meninggalkan ruangan untuk meng angkat telepon dari orang tua
    e.    Meminta tolong penjaga taman bacaan untuk mengangkat telepon yang masuk


B. Kerjakan soal-soal berikut!


1. Tuliskan semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan jelaskan maknanya!
    Semboyan NKRI adalah Bhinneka Tunggal Ika, atau bisa juga disebut berbeda-beda tetapi tetap satu.
    Maknanya yaitu, menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku, budaya, ras, agama dan bahasa.

2. Jelaskan hubungan antara kemajemukan atau keberagaman sara di Indonesia dengan ancaman terhadap integrasi nasional!
    Kemajemukan SARA, jika tidak dikelola dengan baik, akan rentan terhadap tindakan diskriminasi hingga primordialisme. Hal ini mampu menciptakan munculnya rasa tidak saling menghargai di tengah masyarakat. Akibatnya, masyarakat rentan terpecah satu sama lain. Hal ini akan menimbulkan instabilitas di tengah masyarakat.

3. Bagaimana seharusnya rakyat Indonesia menyikapi perbedaan akibat kemajemukan bangsa Indonesia?
    Sebagai rakyat Indonesia seharusnya dapat menyikapinya dengan bertoleransi misalnya gotong royong bersama, mengadakan acara makan bersama, saling mendengarkan dan mendukung, serta tidak berburuk sangka.

4. Simaklah permasalahan berikut!
    Indonesia dijuluki sebagai negeri seribu pulau. Faktunya wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau dengan suku bangsa berbeda-beda Indonesia juga memiliki bahasa daerah yang beragam. Daerah satu dan lainnya memiliki bahasa berbeda. Permasalahan yang sering terjadi adalah miskomunikasi atau kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
Tuliskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut!
    Solusinya menurut kami adalah dengan menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia yang telah diajarkan oleh orang tua maupun guru kita. Jika kita tidak memahami bahasa daerah lain alangkah baiknya kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga bisa saling mengerti dan memahami.

5. Bayangkan sebuah situasi. Kepala sekolah membentuk panitia pentas seni sekolah. Waktu itu diadakan rapat persiapan acara pentas seni sekolah. Ketua sedang menjelaskan rencana gladi bersih dan perkembangan persiapan. Akan tetapi, ada anggota lain sibuk dengam gawainya. Apakah sikap anggota dalam rapat tersebut berpotensi menghambat integrasi nasional? Jelaskan alasannya!
    Menurut kami hal itu perbuatan yang kurang terpuji dan dapat merusak integrasi nasional, karena dengan kita tidak mendengarkan pembicara maka kita termasuk tidak menghargai pendapat dan malah berakibat buruk bagi kita dan orang lain. Hal ini juga dapat merusak pertemanan karena dianggap paling benar.
    Jadi kita sebagai bangsa Indonesia yang sangat menjunjung rasa integritas alangkah baiknya jika ada yang berbicara atau berargumen kita dengarkan dan kita hargai.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih



Post a Comment

2 Comments

  1. Kak yang no 3 bagian urutan jawaban pg nyaa salah seharusnya A, B, C, D. 🙏🏻 Dan Saya ingin bertanya kepada kak ?ada di beberapa soal jawaban kak sama saya ber berbeda yaitu no 5, 6, dan 9, jawaban saya adalah 5. D, 6. D, 9. B. Jadi yang benar yang mana yaa kak ? 🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw tq yaa kak, sudah membantu saya dalam hal belajar

      Delete