Sejarah Indonesia X - Semester 2 - Penilaian Tengah Semester

Sejarah Indonesia X - Semester 2 - Penilaian Tengah Semester

Sejarah Indonesia SMA/MA

Kelas X Semester II




Penilaian Tengah Semester 2



A. Pilihlah Jawaban yang tepat!


1. Pada masa perdagangan kuno terdapat jalur perdagangan yang disebut jalur sutra laut. Peran penting jalur tersebut bagi perkembangan aktivitas perdagangan dan pelayaran di Indonesia pada masa kuno adalah . . . .
    a.    Mempersingkat perjalanan dari Tiongkok ke India
    b.    Mendorong pedagang Tiongkok menjual sutra di Indonesia
    c.    Memperlancar hubungan dagang antara India dan Tiongkok
    d.    Menggantikan jalur dagang sebelumnya yang melalui jalur darat
    e.    Mendorong Indonesia terlibat dalam per dagangan internasional

2. Masyarakat di kepulauan Nusantara telah mengenal teknologi perkapalan sejak masa praaksara. Seiring masuknya pengaruh Hindu Buddha, kemampuan tersebut semakin berkembang. Kondisi tersebut dibuktikan dengan adanya . . . .
    a.    Jalur pelayaran yang menghubungkan pulau pulau di Nusantara
    b.    Komoditas di kepulauan Nusantara memiliki nilai ekonomi tinggi
    c.    Bersatunya kerajaan-kerajaan maritim di bawah kekuasaan Sriwijaya
    d.    Prasasti-prasasti yang menyebutkan beberapa profesi pembuat kapal
    e.    Kelompok perompak di perairan Selat Malaka yang ditakuti oleh para pedagang

3. Kemajuan kegiatan pelayaran di kepulauan Nusantara pada masa Hindu-Buddha meninggal kan bukti tertulis. Salah satu bukti tersebut adalah prasasti Kedukan Bukit peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang mengisahkan tentang . . . .
    a.    Kunjungan utusan Kerajaan Sriwijaya ke India
    b.    Pengiriman ekspedisi Sriwijaya ke India dan Hongkong
    c.    Penaklukan kerajaan-kerajaan maritim di Nusantara
    d.    Keberadaan ratusan kapal sebagai sarana pengangkut prajurit
    e.    Keberhasilan Kerajaan Sriwijaya dalam menaklukkan wilayah Campa

4. Perhatikan pernyataan berikut!

X
    1).    Sunda
    2).    Sumatra
    3).    Jawa
Y
    1).    Barus
    2).    Malaka
    3).    Bali

Berdasarkan naskah Guide to Geography karya Claudius Ptolomeus terdapat beberapa daerah di Indonesia yang berperan penting dalam kegiatan perdagangan internasional. Beberapa daerah tersebut ditunjukkan oleh kombinasi . . . .
    a.    X1), X2), dan Y1)
    b.    X1), X2), dan Y2)
    c.    X2), X3), dan Y2)
    d.    X2), X3), dan Y3)
    e.    X3), Y2), dan Y3)

5. Kegiatan pelayaran pada masa Hindu Buddha turut berpengaruh terhadap perkembangan
wilayah di kepulauan Nusantara. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan berkembangnya daerah pesisir sebagai pusat perdagangan daripada daerah pedalaman karena . . . .
    a.    Berkedudukan sebagai pusat kerajaan dan permukiman
    b.    Menjadi tempat penghasil komoditas perdagangan
    c.    Berfungsi sebagai tempat singgah para pedagang
    d.    Mempunyai komposisi penduduk heterogen
    e.    Letak wilayah lebih mudah diakses

6. Aktivitas perdagangan pada masa Hindu-Buddha terbagi menjadi dua, yaitu perdagangan maritim dan agraris. Kegiatan perdagangan agraris di Kerajaan Mataram Kuno didukung oleh adanya . . . .
    a.    Keberadaan pasar-pasar tradisional kesehatan tempat memasarkan barang dagangan
    b.    Perkembangam kota-kota pelabuhan sebngai tempat berlabuhnya kapal dagang
    c.    Aktivitas di perkebunan sebagai mata pencaharian penduduk komen
    d.    Kegiatan pertama yang mengikut komoditas beras
    e.    Keberadaan sungai besar sebagai sarana transportasi

7. Asia dikenal sebagai wilayah yang memiliki perdagangan cukup maju JC van Leur menjelaskan barang-barang yang diperdagangkan di wilayah Asia antara lain emas, kain sutra, dan kemenyan. Dari dua pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa . . . .
    a.    Asia merupakan daerah penghasil utama emas, kain sutra, dan kemenyan
    b.    Masyarakat Asia sudah mengembangkan sistem perdagangan yang kompleks
    c.    Kegiatan perdagangan di Asia Menitikberatkan pada barang-barang bernilai tinggi
    d.    Emas, kain sutra, dan kemenyan mampu meningkatkan daya tarik perdagangan di wilayah Asia
    e.    Perdagangan emas, kain sutra, dan kemenyan mampu meningkatkan keuntungan bagi pedagang Asia

8. Salah satu komoditas yang dicari oleh pedagang India di kepulauan Nusantara adalah emas. Salah satu faktor yang mendorong terjadinya kondisi tersebut adalah . . . .
    a.    Emas memiliki harga tinggi di pasar internasional
    b.    Bangsa India tidak lagi mendapat pasokun emas dari Romawi
    c.    Wilayah Asia Selatan mulai dikuasai pedagang dari Asia Barat
    d.    Kepulauan Nusantara khususnya Sumatra dikenal sebagai tambang emas
    e.    Pedagang Tiongkok berhasil menyaingi bangsa India dalam berdagang emas

9. Jalinan perdagangan antara masyarakat di kepulauan Nusantara dan bangsa Tiongkok telah terjadi sejak abad III Masehi. Jalanan tersebut terbentuk didorong oleh . . . .
    a.    Perluasan wilayah jajahan di sekitar Selat Malaka
    b.    Rencana dan keinginan memperlu pengaruh politik
    c.    Hegemoni pedagang India dan Arab kepulauan Nusantara
    d.    keinginan menyaingi para pedagang India pedagang Asia lainnya
    e.    Ketidakmampuan pedagang Tiongkok datan bersaing dengan pedagang India

10. Perhatikan wacana berikut!
Secara keseluruhan candi di Indonesia menggambarkan hubungan makrokosmos (alam semesta) yang dibagi menjadi tiga tingkatan. Tiga tingkatan tersebut yaitu alam bawah tempat manusia yang masih mempunyai nafsu (kamadhatu), alam antara tempat manusia yang telah meninggalkan keduniawian dan dalam keadaan suci menemui Tuhannya (rupadhatu ), serta alam atas tempat dewa dewi (arupadatu).
Berdasarkan wacana di atas dapat disimpulkan bahwa . . . .
    a.    Bangunan candi di Indonesia mengalami akulturasi dengan budaya masa praaksara
    b.    Candi digunakan sebagai tempat penobatan seseorang yang diangkat menjadi raja
    c.    Pembangunan candi bertujuan memberi penghormatan kepada sosok raja
    d.    Candi di Indonesia dibangun menggunakan bahan batu andesit dan batu bata
    e.    Bangunan candi di Indonesia dipenuhi mansa mistis

11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
    1).    Candi berbentuk tambun dengan atap berundak-undak
    2).    Reliefnya timbul agak tinggi dengan hiast lukisan naturalis
    3).    Puncak candi berbentuk ratna atau stupa
    4).    Candi terbuat dari batu bata
    5).    Candi induk terletak di belakang halaman
Karakteristik candi langgam Jawa Tengah di tunjukkan oleh pernyataan angka . . . .
    a.    1), 2), dan 3)
    b.    1), 3), dan 4)
    c.    2), 3), dan 4)
    d.    2), 4), dan 5)
    e.    3), 4), dan 5)

12. Perhatikan gambar berikut!
Karakteristik langgam Jawa Tengah yang tampak pada gambar candi di atas adalah . . . .
    a.    Candi induk menghadap ke barat
    b.    Candi induk terletak di belakang halaman
    c.    Puncak candi berbentuk ratna atau stupa
    d.    Bahan dasar pembuatan candi berupa batu bata
    e.    Candi berbentuk ramping dan atapnya bertingkat-tingkat

13. Perhatikan gambar Budha berikut!

Keberadaan arca dengan bentuk seperti gambar di atas pada bangunan candi biasanya berguna untuk . . . .
    a.    Pemujaan terhadap leluhur atau arwah nenek moyang
    b.    Penggambaran suatu peristiwa atau kisah dari epos India
    c.    Penghormatan kepada suatu sosok yang dihormati atau dipuja
    d.    Penggambaran simbol kehidupan alam semesta (makrokosmos)
    e.    Penghormatan terhadap sosok yang menyebarkan agama Hindu

14. Dalam candi bercorak Hindu biasanya terdapat berbagai ukiran dan pahatan. Keberadaan ukiran
tersebut berkaitan dengan anggapan bahwa candi dianggap sebagai . . . .
    a.    Media pencil para brahmana
    b.    Tempat persinggahan barden
    c.    Tempat peristirahatan para brahmana
    d.    Lokasi penobatan seseorang menjadi raja
    e.    Media berkumpulnya roh- nenek moyang

15. Makara merupakan makhluk dalam mitologi Hindu-Buddha yang sering dipajang pada pintu candi-candi Hindu. Makara dipasang untuk . . . .
    a.    Menolak sifat keburukan
    b.    Menjadi simbol kesuburan
    c.    Mewujudkan simbol dewa
    d.    Menggambarkan alam semesta
    e.    menandai tahun berdirinya candi

16. Masuknya pengaruh India menyebabkan bangsa- bangsa di kepulauan Nusantara mulai mental budaya tulis. Budaya tersebut dibuktikan dengan adanya aksara Pallawa yang berkembang dalam bentuk . . . .
    a.    Beberapa prasasti peninggalan kerajaan Hindu-Buddha
    b.    Aksara Jawa dan Sunda yang mengadopsi aksara Pallawa
    c.    Aksara Hanacaraka yang digunkan dalam beberapa bahasa
    d.    Huruf alfabet yang merupakan perkembangan dari aksara Pallawa
    e.    Karya sastra yang menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta

17. Pengaruh India menyebabkan sistem pemerintahan primus interpares dihapus dan digantikan dengan sistem kerajaan. Persamaan kedua sistem tersebut adalah . . . .
    a.    Seorang pemimpin harus berasal dari golongan atas
    b.    Seorang pemimpin harus memiliki kekuatan gaib
    c.    Setiap perkataan dan perintah raja harus ditaati rakyatnya
    d.    Pemimpin tidak didasarkan atas keturunan
    e.    Pemimpin dalam pemerintahan memiliki gelar raja atau sultan

18. Sebagian besar bangunan candi di Indonesia mengadopsi unsur punden berundak. Keberadaan punden berundak menunjukkan peran penting kearifan lokal (local genius) masyarakat Indonesia dalam mengolah kebudayaan. Dari dua pemyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa . . . .
    a.    Bangunan candi berfungsi sebagai sarana pemujaan dewa-dewa
    b.    Kebudayaan lokal di Indonesia memiliki nilai estetis lebih tinggi daripada kebudayaan asing
    c.    Masyarakat Indonesia memadukan ke kebudayaan lokal dan asing sehingga terbentuk budaya baru
    d.    Masyarakat Indonesia memiliki kearifan lokal yang mengakar kuat
    e.    Masyarakat Indonesia mampu memunculkan jati diri kebudayaan lokal dalam bentuk kebudayaan baru

19. Sebelum mengenal kalender Saka, masyarakat pada masa praaksara di kepulauan Nusantara telah mengenal ilmu astronomi. Ilmu astronomi tersebut dimanfaatkan masyarakat pada masa itu untuk . . . .
    a.    Melakukan upacara pemujaan terhadap roh nenek moyang
    b.    Menentukan waktu yang tepat untuk membangun candi
    c.    Menentukan waktu yang tepat untuk aktivitas pertanian
    d.    Menetapkan pemimpin suku atau kepala suku
    e.    Menetapkan hari besar guna pemujaan

20. Salah satu teori mengenai masuknya Islam menyatakan bahwa agama Islam masuk ke kepulauan Nusantara sejak abad VII Masehi. Dasar dari teori tersebut adalah . . . .
    a.    Keberadaan komunitas muslim yang terdiri atas para pedagang Arab di pantai barat Sumatra
    b.    Perkembangan mazhab Hanafi dan Syafi'i di kalangan masyarakat di kepulauan Nusantara
    c.    Peninggalan berupa klenteng Sam Po Kong di Kota Semarang, Jawa Tengah
    d.    Pedagang dari Arab yang bergelar sayyid atau ayarif
    e.    Penggunaan gelar syah pada raja-raja Islam di Indonesia

21. Menurut A.H. Johns islamisasi di Indonesia dilakukan oleh para musafir Arab, Dasar argumentasi tersebut berkaitan erat dengan fakta tentang . . . .
    a.    Penggunaan huruf Arab Pegon di Pulau Jawa
    b.    Keberadaan komunitas muslim di pesisir pantai barat Pulau Sumatera
    c.    Kesamaan seni kaligrafi yang dipahat pada nisan makam-makam raja
    d.    Penggunaan mazhab Syafi'i oleh sebagian besar masyarakat Indonesia
    e.    Penggunaan mazhab Hanafi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia

22. Makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik Jawa Timur menjadi salah satu bukti masuk agama Islam di Nusantara. Pendapat yang muncul berdasarkan makam tersebut adalah munculnya gelar tersebut muncul teori bahwa . . . .
    a.    Agama Islam pertama kali berkembang di Pulau Jawa pada abad XII Masehi
    b.    Agama Islam yang berkembang di Nusantara dibawa oleh orang-orang dari Mekah
    c.    Perkembangan agama Islam di Indonesia diawali di daerah pesisir
    d.    Agama Islam di Nusantara dikembangkan oleh para pedagang Tiongkok
    e.    Pedagang dari Gujarat berperan penting dalam penyebaran agama Islam

23. Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan yang tepat untuk menjelaskan peran kesenian di atas pada masa Islam ditunjukkan oleh pilihan . . . .
    a.    Ajuran Islam tidak dapat disisipkan dalam pertunjukan wayang
    b.    Kesenian wayang menjadi media penyebaran agama Islam paling efektif.
    с.    Para ulama memanfaatkan pertunjukan wayang sebagai media untuk menarik perhatian massa.
    d.    Pertunjukan wayang dimodifikasi oleh Sunan Kalijaga untuk menyebarkan ajaran agama Islam.
    e.    Kesenian wayang diiringi musik gamelan menunjukkan akulturasi budaya Islam dan Hindu-Buddha.

24. Saluh satu media islamisasi di Indonesia adalah perkawinan antara pedagang Islam dan bangsawan lokal. Dampak perkawinan tersebut adalah . . . .
    a.    Muncul konsesi dagang yang melibutkan pedagang muslim dan penguasa lokal
    b.    Pengaruh politik Islam dalam kedudukan politik lokal di Indonesia menguat
    c.    Banyak keluarga kerajaan yang masuk Islam dan lahir generasi muslim baru
    d.    Kampung Keling menjadi tempat per mukiman pedagang Islam
    e.    Pedagang Islam mulai mendapatkan peran penting dalam politik lokal di Indonesia

25. Agama Islam dianggap mulai berkembang di kepulauan Nusantara pada abad XVI Masehi. Sumber dari luar negeri yang mendukung pendapat tersebut adalah . . . .
    a.    Laporan Tome Pires yang mengunjungi Malaka dan Jawa
    b.    Laporan perjalanan Marco Polo yang pernah
    c.    Laporan Ma Huan yang pernah mengunjungi daerah pesisir Pulau Jawa singgah di Perlak
    d.    Laporan perjalanan Ibnu Batutah yang pemah singgah di Samudera Pasai
    e.    Berita Cina tentang berdirinya permukiman Arab di pesisir barat Sumatra

26. Menurut penelitian para ahli, Kerajaan Perlak merupakan kerajaan Islam tertua di Nusantara. Pernyataan tersebut didukung oleh bukti berupa . . . .
    a.    Hikayat Raja-Raja Pasai yang menyebutkan Marah Silu sebagi pendiri Kerajaan Perlak
    b.    Berita Marco Polo yang pernah singgah singgah di Perlak pada abad ke XIII Masehi
    c.    Penemuan misan makam Sultan Malik as-Saleh yang berasal dari abad XIII Maschi
    d.    Kedatangan Laksamana Cheng Ho di Perlak pada abnd XV Masehi
    e.    Letak strategis Kota Perlak di tepi Selat Malaka

27. Pada masa kepemimpinan Sultan Alauddin Riayut Syah al-Kahar, Kerajaan Aceh berusaha memperkuat angkatan perang untuk menyerang Portugis di Malaka. Upaya tersebut dilakukan dengan cara . . . .
    a.    Menyatukan kerajaan-kerajaan Islam di Pulau Sumatra
    b.    Membatasi lalu lintas perdagangan di wilayah Kerajaan Aceh
    c.    Menjalin kerja sama dengan perompak perompak di Selat Malaka
    d.    Membangun hubungan diplomatik dengan Kerajaan Turki Ottoman
    e.    Membangun pelabuhan dagang di sepanjang pesisir Pulau Sumatra

28. Pengaruh ajaran Islam tercermin dalam kehidupan pemerintahan di Kerajaan Siak. Kondisi ini terjadi karena . . . .
    a.    Raja yang berkuasa menemputkan Alquran debagai sumber hukum tertinggi kerajaan
    b.    Pemerintah Kerajaan Siak mendirikan Istana Linus sebagai asrama bagi kaum perempuan
    c.    Kerajaan Sink memolak bekerja sama dengan Kerajaan Kampar dan Indragin
    d.    Masyarakat Kerajaan Siak terdiri atas menganut aliran Suni dan Syiah
    e.    VOC tidak dapat menanamkan pengaruhnya di Kerujan Siak

29. Kerajaan Siak menjadi salah satu tempat berkembangnya pendidikan agama Islam pada abad XVIL Fakta yang mendukung pernyataan tersebut adalah . . . .
    a.    Pembentukan unsur-unsur kebudayaan baru di lingkungan Kerajaan Siak
    b.    Penyebaran agama Islam di Kerajaan Siak ditakukan oleh ulama dari Jawa
    c.    Penempatan para ulama sebagai penasihat politik dan militer kerajaan
    d.    Pembangunan Istana Limas di lingkungan Kerajaan Siak
    e.    Penggunaan gelar Syah oleh raja-raja Kerajaan Siak

30. Sepeninggal Sultan Abdul Kahar, VOC mulai menanamkan pengaruhnya di Kerajaan Jambi,
Pengaruh VOC di Kerajaan Jambi didorong oleh kepentingan untuk . . . .
    a.    Menguasai perdagangan di sekitar Sungai Batanghari
    b.    Menghalang upaya penycharan agama Islam di Jambi
    c.    Mendirikan kantor dagang di Muara Kompeh
    d.    Mengusir Portugis di Selat Malnka
    e.    Menguasai perdagangan lada

31. Perhatikan tabel berikut ini!
    1).  Mataram, Kerajaan yang mengandalkan komoditas lada, barus, dan emas
    2).  Banten, Kerajaan dengan kanal sepanjang 30-40 km yang digunakan untuk mengairi sawah
    3).  Cirebon, Kerajaan yang menjadi daerah penghasil beras utama di Pulau Jawa
    4).  Samudra Pasai, Kerajaan agraris yang menggutamakan perekonomiannya di bidang pertanian

Kerajaan dan deskripsi kehidupan ekonominya yang tepat ditunjukkan oleh pasangan angka . . . .
    a.    1) dan 2)
    b.    1) dan 3)
    c.    1) dan 4)
    d.    2) dan 3)
    e.    3) dan 4)

32. Keberadaan VOC menjadi salah satu penyebab kemunduran kerajaan-kerajaan Islam di Jawa, salah satunya Kerajaan Cirebon, Pengaruh VOC di Cirebon ditandai dengan adanya peristiwa . . . .
    a.    Pemindahan ibu kota Kerajaan Cirebon oleh VOC
    b.    Penyerahan sebagian wilayah Cirebon kepada VOC
    c.    Kemenangan Voc dalam menghadapi serangan rakyat Cirebon
    d.    Penandatanganan perjanjian pembagian wilayah Kerajaan Cirebon
    e.    Pendirian benteng pertahanan di Keraton Kasepuhan dan Kanoman

33. Kerajaan Gowa Tallo menjunjung tinggi sikap toleransi dalam kehidupan beragama. Sikap toleransi tersebut terlihat dalam peristiwa . . . .
    a.    Pengangkatan orang Portugis sebagai pegawai Kerajaan Gowa-Tallo
    b.    Peresmian bahasa Portugis sebagai salah satu bahasa di Kerajaan Gowa Tallo
    c.    Pemberian izin kepada utusan Portugis untuk memudukan ajaran Nasrani dan Islam
    d.    Pemberian hukuman yang sama antara terpidana pribumi dan terpidana dari Portugis
    e.    Pemberian izin kepada Fransisco Viera untuk membawa misi penyebaran agama Nasrani

34. Polu tata kota dengan bagian-bagian seperti alun-alun, masjid, benteng, serta istana kerajaan juga diterapkan di Tosora, ibu kota Kerajaan Wajo. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa . . . .
    a.    Kerajaan Wajo memiliki tata kota yang modern
    b.    Tosora menjadi pusat peradaban Islam di Kerajaan Wajo Kerajaan
    c.    Wajo merupakan satu-satunya kerajaan Islam di Sulawesi
    d.    Tosora didatangi oleh para pedagang dari mancanegara
    e.    Kerajaan Wajo memiliki banyak peninggalan bangunan bernuansa Islam

35. Ajaran agama Islam di wilayah Lombok dibawa oleh Sunan Prapen. Dalam perkembangannya, agama Islam di Lombok berakulturasi dengan budaya lokal dalam bentuk . . . .
    a.    Pertunjukan wayang sasak
    b.    Pendirian masjid Ar-Raisyiah
    c.    Perkembangan Ajaran islam Wetu Telu
    d.    Pemindahan pusat kerajaan ke Desa Selaparang
    e.    Perkembangan kesenian rudad, cilokaq, dan gamelan rebana


B. Kerjakan soal-soal berikut!


1. Masuknya budaya Hindu Budha di kepulauan Nusantara diawali oleh jalinan perdagangan antara India dan Nusantara. Apa yang melatarbelakangi terbentuknya jalinan perdagangan tersebut?
    Masuknya budaya Hindu Buddha di kepulauan Nusantara diawali oleh jalina perdagangan antara India dan Nusantara. Hal ini di latar belakang oleh Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah - rempah dan memiliki wilayah maritim yang dapat digunakan sebagai jalur perdaganan dengan negara - negara lain.

2. Letak kepulauan Nusantara di jalur sutra laut mampu memberi keuntungan ekonomis bagi masyarakat. Analisislah pernyataan tersebut berdasarkan fakta sejarah yang ada!
    Pada masa abad pertama masehi, selain jalur perdagangan darat terdapat jalur perdagangan melalui laut. Rute yang sering dilalui pedagang yang menghubungkan China dengan India melalui wilayah Indonesia. Jalur yang melalui laut dari China dan Indonesia adalah Selat Malaka menuju India, di situ ada yang langsung ke Teluk Persia melalui Suriah ke Laut Tengah.
    Dari Laut Tengah ada yang menuju Laut Merah melalui Mesir dan sampai ke Laut Tengah. Indonesia melalui Selat Malaka terlibat perdagangan dalam hal Indonesia menjual komoditi rempah-rempah. Posisi strategis pada Jalur Sutra itu memiliki sumber daya alam yang berlimpah ruah. Pada masa itu, rempah-rempah menjadi produk penting terutama di bagian wilayah Eropa untuk kepentingan masakan dan mengawetkan daging di musim dingin. Indonesia menjadi salah satu pusat perdagangan yang penting pada Jalur Sutera tersebut.

3. Keberadaan punden berundak dalam bangunan candi menunjukkan fakta bahwa budaya asli masyarakat Indonesia tidak hilang seiring masuknya agama Hindu-Buddha. Mengapa demikian? Jelaskan pendapat Anda!
    Keberadaan punden berundak merupakan hasil budaya dari masyarakat asli Indonesia sebelum  masa praaksara dan berakulturasi dengan candi agama Hindu buddha. hal itu terjadi karena masyarakat ingin tetap mempertahankan kebudayaan mereka, ini didukung oleh masyarakat indonesia yang memiliki sifat local genius, mereka menerima budaya yang masuk namun seberusaha mungkin mempertahankan budaya asli.

4. Dalam seni rupa atau ukir, masyarakat pada masa Hindu Buddha mengenal bentuk trimatra dan setengah trimatra. Apa perbedaan antara kedua jenis bentuk arca tersebut?
    Konsep Trimatra merupakan konsep dalam arca yang berbentuk patung utuh. Patung utuh ini menggambarkan sosok dewa, manusia dan binatang. Di dalam arca yang berkonsep Trimata disimpan di dalam candi sebagai tanda penghormatan terhadap raja yang sudah meninggal. Ada juga arca setengah trimata. Arca setengah trimatra biasanya terdapat pada relief-relief candi.

5. Bahasa Sanskerta merupakan salah satu budaya yang masuk seiring perkembangan agama Hindu Buddha. Apa dampak masuknya bahasa Sansekerta terhadap perkembangan bahasa di kepulauan Nusantara?
    a.  Adanya kata-kata serapan dari bahasa sansekerta
    b.  Masuknya cerita India seperti ramayana
    c.  Ada penggunaan aksara palawa yang berasal dari India

6. Teori Mekah merupakan salah satu teori mengenai masuknya agama Islam yang mematah kan teori Gujarat. Mengapa demikian? Buatlah ulasan singkat mengenai hal tersebut!
    Proses masuknya Islam di Indonesia adalah pada abad ke-7 Masehi yang dibawa oleh musafir yang beralas dari mekkah, Arab Saudi. Buktinya sebagai berikut  :
    a.  Terdapat perkampungan Islam Arab di pesisir pantai Sumatera yang terjadi pada abad ke 7 dan pada abad ke 4 juga ditemukan perkampungan Islam oleh berita yang berasal dari China.
    b.  Di Mesir dan Mekkah merupaka aliran Madzab Syafi'i yang ditemukan pengaruhnya di Kerajaan Samudra Pasai.
    c.  Pengaruh budaya islam di mesir ditemukan pada budaya di Samudra Pasai yakni yang penyebutan gelar nama menggunakan Malik.
    d.  Bangsa Arap berperan sangat penting dalam menyebarkan Islam menurut para ahli sendiri. Karena pada abad ke 13 terjadi politik kekuasan yang menggunakan pengaruh Islam.

7. Perdagangan dianggap menjadi salah satu media paling efektif dalam menyebarkan ajaran agama
Islam. Mengapa demikian? Jelaskan faktor penyebab terjadinya kondisi tersebut!
    Interaksi antarpedagang muslim dari berbagai negara seperti Arab, Persia, Gujarat, Melayu, dan Cina yang berlangsu lama membuat komunitas islam semakin besar hingga membentuk masyarakat muslim. Para pedagang ini datang ke berbagai wilayah Indonesia untuk berdagang sekaligus menyebarkan agama dan kebudayaan Islam di tempat-tempat yang mereka singgahi. Interaksi yang terjadi antara pedagang muslim dan penduduk setempat menyebabkan pedagang dan masyarakat Indonesia memeluk Islam.
    Motif ekonomi dan politik merupakan faktor penting yang mendorong masyarakat Indonesia memeluk Islam. Adanya hubungan antara golongan bangsawan dan raja, serta para pedagang muslim turut pendukung penyebaran Islam di Indonesia.

8. Kerajaan Aceh merupakan kerajaan yang memperhatikan pendidikan bagi masyarakatnya. Buatlah ulasan yang mendukung pernyataan tersebut!
    Dilihat dari sejarahnya pendidikan Aceh sangat memperhatikan pendidikannya yaitu pendidikan keagamaan. Sistem pendidikan keagamaan di Aceh menghasilkan beberapa ulama ternama yang ahli dalam bidang agama dan kesastraan.
    
9. Demak adalah salah satu kerajaan Islam yang terletak di pesisir pantai utara Pulau Jawa. Jelaskan pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan ekonomi Kerajaan Demak!
    Pusat Kerajaan Demak dikelilingi oleh beberapa sungai antara lain Sungai Tuntang, Sungai Buyuran, dan Sungai Serang. Keberadaan sungai-sungai tersebut sangat mendukung perkembangan pertanian Kerajaan Demak.
    Wilayah pesisir Demak digunakan sebagai pelabuhan yang dapat disandari kapal-kapal dagang berukuran besar. Letaknya yang berada di pesisir utara Jawa Tengah memungkinkan Demak menjadi pusat penghubung daerah Indonesia timur dan barat.

10. Bagaimana bentuk akulturasi budaya Islam dan lokal di Kerajaan Ternate?
    Islam datang ke Indonesiasetelah penyebaran agama Hindu dan Budha.Pembawaan Oleh dasar itu banyak unsur islam di Indonesia yang dipengaruhi oleh unsur agama Hindu-Budha. Termasuk dalam arsitektural islam yang banyak membawa unsur-unsur lokal dan unsur Hindu-Budha. Masjid Agung Mataram Yogyakarta merupakan salah masjid peninggalan kerajaan Mataram islam. Dimana Mataram islam merupakan kerajaan yang diperkirakan terbentuk atas proses alkuturasi antar budaya islam, Hindu, dan Budha. Sehingga, banyak ditemukan unsur arsitektural masjid yang bukan merupakan budaya arsitektural islam pada umumnya. Hal tersebut diperkirakan dapat timbul karena adanya bentuk toleransi ataupun penyesuaian budaya islam terhadap budaya Hindu-Budha yang dominan pada kala itu. Sehingga terbentuklah arsitektural masjid yang membawa bentuk alkuturasi antar budaya Islam, Hindu dan Budha.Artikel ini berrtujuan membahas mengenai unsur arsitektural masjid yang merupakan bentuk alkuturasi budaya Islam,Hindu,dan Budha pada masjid Gedhe Mataram.







Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih



Post a Comment

0 Comments