Harga Nvidia GeForce RTX 3060 di Indonesia 2021

Harga Nvidia GeForce RTX 3060 di Indonesia 2021



     Setelah diperkenalkan secara global pada pertengahan Januari lalu, kartu pengolah grafis (GPU) Nvidia teranyar, GeForce RTX 3060 resmi masuk ke pasar Indonesia. Hal ini diketahui dari sebuah postingan yang diunggah akun Instagram resmi Nvidia GeForce Indonesia (@nvidiageforceid) beberapa waktu lalu.

     Berdasarkan postingan tersebut, kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060 mulai dijual resmi di Indonesia per 26 Februari. Sayangnya, postingan ini tidak menyebutkan informasi harga serta di mana kartu GPU seri GeForce 30 tersebut bisa dibeli. Namun, apabila menyelami kolom komentar unggahan tersebut, pihak Nvidia bakal menjualnya di berbagai toko online. "Silakan langsung cek online shop atau toko langganan kamu yah," ujar Nvidia dalam kolom komentar. 

     Pantauan KompasTekno di toko resmi Nvidia GeForce Indonesia di Tokopedia, Senin (1/3/2021), kartu GPU Nvidia RTX 3060 rancangan Asus dijual dengan  harga Rp 5,6 juta. Namun stok Nvidia GeForce RTX 3060 itu sudah habis terjual (sold out).

     Begitu juga stok "saudara" GeForce RTX 3060, yakni GeForce RTX 3060 Ti dari berbagai vendor, dalam keterangannya menyebut stok habis. Lihat Foto Daftar kartu grafis GeForce RTX 3060 di toko resmi Nvidia GeForce Indonesia di Tokopedia yang tampak sudah terjual habis.(KOMPAS.com/Bill Clinten).

     Belum diketahui kapan Nvidia Indonesia bakal melakukan restock terhadap kartu grafis GeForce RTX 3060 yang sudah laris manis ini. Yang jelas, peminat kartu grafis itu bisa mengunjungi tautan berikut untuk melihat aneka toko mitra Nvidia yang menjual produk tersebut.


Perkiraan Harga yang Tinggi

     Terlepas dari stok di toko resmi yang sudah ludes, peminat GeForce RTX 3060 masih bisa membeli dari peritel pihak ketiga yang juga banyak beredar di e-commerce. Hanya saja, mereka harus rela menyiapkan dana berkali-kali lipat dari harga resmi (MSRP) yang telah ditentukan oleh Nvidia, karena permintaan yang tinggi.

     Berdasarkan pengamatan KompasTekno di e-commerce Tokopedia, Shopee, dsb., sebagian besar peritel RTX3060 pihak ketiga mematok kartu grafis tersebut dengan harga di atas Rp 10 juta.

     Padahal, harga resmi seharusnya berada di bawah angka Rp 10 juta, seperti GeForce RTX 3060 keluaran Asus tadi. Sedangkan apabila mengacu pada harga peluncuran global, kartu grafis ini dibanderol 329 dolar AS (sekitar Rp 4,6 juta). Lihat Foto.

     Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 3060 yang dijual oleh toko pihak ketiga di Tokopedia.(KOMPAS.com/Bill Clinten) Kartu grafis GeForce RTX 3060 sendiri bisa dibilang sukses menarik minat para konsumen, sehingga menjadi langka di pasaran. Popularitasnya disebabkan oleh performa RTX3060 yang disebut mumpuni, namun banderol harganya terjangkau.

     Dengan harga berkisar Rp 4-5 jutaan, konsumen bakal mendapatkan GPU yang dibekali dengan 3.584 CUDA cores beserta VRAM GDDR6 sebesar 12 GB, dengan kecepatan clock 1.32 GHz dan boost clock hingga 1.78 GHz.

     Berdasarkan hasil riset Nvidia, GeForce RTX 3060 dapat menjalankan game Watch Dogs: Legion pada frame rate 60 hingga 64 fps dengan RT dan DLSS yang diaktifkan. Hasil tersebut terpaut jauh dengan performa RTX 2060, yang hanya mampu menghasilkan frame rate 40 fps pada game dengan pengaturan yang sama.



Post a Comment

0 Comments