Biologi X - Semester 2 - Perubahan Lingkungan dan Dampaknya bagi Kehidupan - Penilaian Harian (2021)

Biologi X - Semester 2 - Perubahan Lingkungan dan Dampaknya bagi Kehidupan - Penilaian Harian (2021)

Biologi SMA/MA

Kelas X Semester 2



BAB IV
Perubahan Lingkungan dan Dampaknya bagi Kehidupan
"Penilaian Harian"


Penilaian Harian



A. Pilihlah jawaban yang tepat!


1. Dalam suatu lingkungan kestabilan komponen pembentuk ekosistem dapat berlangsung dengan baik karena beberapa faktor alami. Salah satu faktor alami yang memengaruhi keadaan tersebut adalah . . . .
    a. Daya dukung lingkungan berada dalam jumlah minimal
    b. Proses daur biogeokimia berjalan dengan semestinya
    c. Terjadinya bencana alam secara terus menerus
    d. Daya lenting lingkungan melebihi batas wajar
    e. Peran komponen biotik saling mendominasi

Penjelasan:
    Jika komposisi komponen abiotik dan biotik di suatu lingkungan stabil dan proporsional menunjukkan bahwa lingkungan tersebut berada dalam keadaan seimbang. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut.
    1) Komponen-komponen yang ada terlibat dalam aksi-reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan.
    2) Terjadi pemindahan energi (arus energi).
    3) Daur biogeokimia dapat berlangsung
Adapun daya dukung lingkungan minimal. terjadinya bencana alam secara terus-menerus, dan daya lenting lingkungan melebihi batas normal dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan lingkungan.

2. Perhatikan beberapa peristiwa berikut!
    1) Ledakan populasi hama.
    2) Keanekaragaman tumbuhan berkurang
    3) Penurunan kadar oksigen di udara.
    4) Perubahan warna air menjadi keruh dan kotor.
    5) Penurunan produktivitas tanah secara perlahan.
Peristiwa yang terjadi akibat penerapan sistem monokultur bibit unggul di suatu daerah ditunjukkan oleh angka . . . .
    a. 1), 2), dan 4)
    b. 1), 2), dan 5)
    c. 2), 3), dan 4)
    d. 2), 3), dan 5)
    e. 3), 4), dan 5)

Penjelasan:
    Penerapan sistem monokultur di suatu daerah dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan lingkungan. Jika dalam pertanian diterapkan sistem monokultur dapat menyebabkan berkurangnya keanekaragaman tumbuhan. Hal tersebut dikarenakan petani cenderung memilih untuk menanam tanaman unggul sehingga memusnahkan tanaman sejenis yang kurang unggul. Selain itu, penerapan sistem monokultur dalam pertanian dapat menurunkan produktivitas tanah. Hal ini karena tanah sulit mengembalikan tingkat kesuburan tanah sehingga tanah menjadi tidak subur lagi. Pertanian dengan sistem monokultur cenderung menggunakan jenis tanaman yang sama setlap waktu sehingga tanaman menjadi rentan terhadap hama. Akibatnya, terjadi ledakan populasi hama apabila tidak dikendalikan. Adapun penurunan kadar oksigen di udara disebabkan oleh adanya penebangan pohon secara liar. Sementara itu, perubahan warna air menjadi keruh dan sampah disebabkan oleh pencemaran air karena sampah.

3. Saat ini, pembangunan jalan tol sedang gencar gencarnya dilakukan pemerintah untuk memudahkan akses transportasi masyarakat. Namun, di sisi lain aktivitas tersebut dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan lingkungan karena . . . .
    a. Kualitas air tanah menurun
    b. Kadar nitrogen oksida meningkat
    c. Flora dan fauna tertentu menghilang
    d. Penyerapan unsur hara tanah berkurang
    e. Kadar karbonmonoksida di udara meningkat

Penjelasan:
    Pembuatan jalan tol membutuhkan banyak lahan kosong. Oleh karena itu, untuk memenuhinya pemerintah melakukan pembukaan lahan. Biasanya, lahan yang digunakan berasal dari daerah persawahan atau perkebunan. Akibatnya, berbagal komponen biotik pada ekosistem tersebut menghilang dan bahkan punah. Akibatnya, terjadi penurunan keanekaragaman nora dan fauna. Adapun kualitas air tanah menurun dapat disebabkan oleh adanya pencemaran tanah. Jumlah nitrogen oksida meningkat dapat terjadi karena adanya pem bakaran arang, gas, atau bensin yang makin banyak. Sementara itu, penyerapan unsur hara berkurang disebabkan oleh penerapan sistem monokultur dalam pertanian. Kadar karbon monoksida di udara meningkat karena banyaknya penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil.

4. Penangkapan ikan menggunakan pukat harimau dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem perairan. Tindakan tersebut dapat mengganggu regenerasi ikan karena . . . .
    a. Ikan-ikan kecil ikut terjaring
    b. Habitat ikan mengalami kerusakan
    c. Ikan keracunan bahan-bahan kimia
    d. Kadar oksigen di perairan berkurang
    e. Hilangnya sumber makanan beberapa jenis Ikan

Penjelasan:
    Pukat harimau merupakan jala yang memiliki Jaring-jaring dengan lubang sangat kecil. Penggunaan pukat harimau untuk menangkap ikan dapat mengganggu proses regenerasi ikan. Hal ini karena ikan yang masih kecil dan ikan yang tidak diinginkan ikut terjaring. Akibatnya, proses perkembangbiakan ikan terhenti sehingga dapat menyebabkan terjadinya kepunahan.

5. Kebakaran lahan gambut dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran udara karena menghasilkan emisi berupa . . . .
    a. Gas klorin yang mempercepat pemanasan global
    b. Gas CFC yang menyebabkan penipisan lapisan ozon
    c. Nitrogen dioksida pemicu terjadinya efek rumah kaca
    d. Sulfur dioksida yang menyebabkan peristiwa hujan asam
    e. Gas karbon dioksida penyebab terjadinya perubahan iklim

Penjelasan:
    Kebakaran lahan gambut menghasilkan polutan udara berupa gas karbon dioksida. Karbon dioksida yang terakumulasi di udara akan membentuk perisai di atmosfer, Radiasi matahari yang diterima bumi sebagian besar akan disimpan dalam bumi. Pada malam hari, suhu bumi lebih hangat dibandingkan suhu udara di atasnya sehingga energi yang terserap oleh bumi akan dilepaskan kembali ke atmosfer sebagai radiasi inframerah. Namun, radiasi tersebut akan tertahan oleh perisai di atmosfer dan dipantulkan kembali ke bumi sehingga menyebabkan terjadinya efek rumah kaca. Efek rumah kaca yang terjadi secara terus-menerus mengakibatkan suhu di permukaan bumi meningkat (pemanasan global). Pemanasan global dapat mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrem, misalnya terjadi perubahan pola curah hujan. Perubahan pola curah hujan dapat mengakibatkan terjadinya bencana banjir atau kekeringan di suatu daerah. Sementara itu, penipisan lapisan ozon disebabkan oleh gas CFC yang terlepas ke atmosfer, lalu diuraikan oleh sinar ultraviolet sehingga melepaskan klorin. Klorin yang terlepas dan mencemari udara akan memecah ikatan gas-gas lain di atmosfer termasuk ozon. Penipisan lapisan ozon dapat mengurangi fungsi lapisan ozon sebagai penahan sinar ultraviolet. Terjadinya peristiwa hujan asam disebabkan oleh pencemaran sulfur dioksida dan nitrogen dioksida.

6. Perairan yang berada di suatu daerah diduga telah tercemar. Oleh karena itu, diperlukan uji kualitas air untuk membuktikan dugaan tersebut. Hasil uji kualitas air yang dapat menunjukkan bahwa telah terjadi pencemaran air di daerah tersebut adalah . . . .
    a. Terdapat banyak fitoplankton dan zooplankton
    b. Terdapat unsur Hg Pb, As, dan Cr di perairan
    c. Kadar DO di perairan mencapai 2 gram/L
    d. Kadar BOD di perairan sebesar 3 gram/L
    e. Memiliki pH air berkisar 6,5-7,5

Penjelasan:
    Kualitas air dapat diuji melalui uji parameter kimia, fisik, dan biologis. Parameter kimia kualitas air meliputi BOD, COD, DO, dan pH. Makin besar nilai BOD, tingkat pencemaran air makin tinggi. Nilai ambang batas BOD di air bersih sebesar 1-3 ppm atau 1-3 gram/L Sementara itu, makin tinggi nilai COD, tingkat pencemaran air makin tinggi. Makin kecil nilai DO, tingkat pencemaran air makin tinggi. Nilai ambang batas DO di air bersih sebesar 2 ppm atau 2 gram/L. Air bersih memiliki pH sebesar 6,5-7,5. Apabila di perairan terdapat unsur-unsur logam berat (Hg. Ph. As, Cr, Cd, dan Hi menunjukkan perairan tersebut tercemar. Pencemaran oleh unsur-unsur logam berat tersebut termasuk pencemaran kimiawi. Selain parameter kimia, kualitas air juga dapat diketahui dari parameter fisik. Parameter fisik kualitas air meliputi warna air, bau air, dan rasa air. Air bersih memiliki karakteristik tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Pengujian kualitas air melalui uji biologis berupa ada tidaknya kandungan mikroorganisme di dalam perairan. Air bersih tidak mengandung mikroorganisme seperti Escherichia coli, Salmonella thyposa, dan Entamoeba coll. Adanya fitoplankton dan zooplankton di perairan bukan merupakan indikator pencemaran air.

7. Limbah detergen yang mengalir sampai ke perairan dapat mengakibatkan terjadinya . . . .
    a. Peningkatan kadar unsur hara di perairan
    b. Penurunan jumlah tumbuhan air di perairan
    c. Penambahan jumlah oksigen terlarut di perairan
    d. Peningkatan fitoplankton yang terdapat di perairan
    e. Peningkatan intensitas cahaya matahari ke dalam perairan

Penjelasan:
    Detergen mengandung fosfat yang dapat memperkaya kadar unsur hara di perairan. Akibatnya, tumbuhan air seperti eceng gondok dapat tumbuh subur. Peristiwa tumbuhnya tumbuhan air seperti eceng gondok dengan cepat (subur) karena adanya nutrisi yang melimpah di perairan. Peristiwa ini dikenal dengan eutrofikasi. Populasi eceng gondok yang menutupi permukaan perairan mengakibatkan cahaya matahari tidak dapat masuk ke dasar perairan. Terhalangnya penetrasi cahaya matahari ini mengakibatkan fitoplankton tidak dapat melangsungkan fotosintesis. Akibat penurunan fotosintesis fitoplankton terjadilah penurunan kadar oksigen terlarut dalam air. Hewan-hewan air akan mati karena kekurangan oksigen.

8. Jarak septic tank dengan sumber air harus memenuhi aturan yang sudah ditentukan pemerintah. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya pencemaran biologis. Pencemaran biologis dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit penyebab penyakit. Contoh bakteri penyebab pencemaran biologis, yaitu . . . .
    a. Fasciola hepatica, Escherichia coli, dan Entamoeba coli
    b. Fasciola hepatica, Escherichia coli, dan Giardia lamblia
    c. Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella typhosa
    d. Salmonella typhosa, Ascaris lumbricoides, dan Giardia lamblia
    e. Taenia saginata, Fasciola hepatica, dan Ascaris lumbricoides

Penjelasan:
    Pencemaran biologis dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau cacing penyebab penyakit. Contoh bakteri penyebab penyakit yaitu Escherichia coll. Entamoeba coll, dan Salmonella typhosa. Adapun virus penyebab pencemaran adalah Enterovirus. Giardia lamblia merupakan contoh parasit. Sementara itu, contoh dari beberapa cacing parasit adalah Ascaris lumbricoides, Taenia sp., dan Fasciola hepaticu.

9. Seorang peserta didik membawa dua botol sampel air dari sumur yang berbeda yaitu sumur A dan sumur B. Peserta didik tersebut bermaksud menguji kandungan oksigen air menggunakan metilen biru. Pada sampel A, metilen biru tidak menunjukkan perubahan dan tetap berwarna biru. Sementara itu, pada sampel 8 metilen biru yang diteteskan berubah menjadi tidak berwarna. Berdasarkan hasil yang diperoleh, peserta didik tersebut menyimpulkan bahwa . . . .
    a. Kadar oksigen terlarut pada kedua air sumur sama
    b. Air pada kedua sumur telah mengalami pencemaran
    c. Air pada sumur A bersih, sedangkan air pada sumur B tercemar
    d. Air pada sumur A tercemar, sedangkan air pada sumur B bersih
    e. Kadar oksigen terlarut pada air sumur A lebih rendah daripada kadar oksigen terlarut pada sumur B tinggi

Penjelasan:
    Laruta metilen biru merupakan indikator untuk menguji kadar oksigen terlarut dalam air. Metilen biru tetap berwarna biru jika diteteskan pada air yang kadar oksigennya tinggi. Sebaliknya, metilen biru tidak akan berwarna jika diteteskan pada air dengan kadar oksigen rendah. Air dengan kadar oksigen terlarut tinggi menandakan bahwa air tersebut bersih, sedangkan air dengan kadar oksigen terlarut rendah menandakan bahwa air tersebut tercemar Metilen biru yang diteteskan pada air sumur A tetap berwarna biru berarti air pada sumur A bersih. Sementara itu, metilen biru yang diteteskan pada air sumur B berubah tidak berwarna berarti air pada sumur B tercemar.

10. Kegiatan tambang emas merupakan penghasil terbesar limbah B3 berupa merkuri, Limbah merkuri dapat terlepas ke udara, air, ataupun tanah. Jika limbah merkuri sampai ke perairan, akan terakumulasi dalam tubuh organisme air seperti ikan. Kandungan merkuri dalam ikan apabila berpindah dan masuk ke dalam tubuh manusia dapat menyebabkan . . . .
    a. Kanker kulit
    b. Iritasi pernapasan
    c. Gangguan sistem saraf
    d. Pembengkakan paru-paru
    e. Kerusakan enzim intraseluler

Penjelasan:
    Ikan yang mengandung merkuri apabila dimakan oleh manusia dapat menyebaban terjadinya keracunan merkuri. Keracunan merkuri dalam tubuh menyebabkan terganggunya sistem saraf. Jika merkuri terakumulasi dalam tubuh secara terus-menerus mengakibatkan timbulnya penyakit serius. Sementara itu, kanker kulit disebabkan oleh paparan sinar UV secara langsung dalam waktu yang lama pada permukaan kulit. Iritasi pernapasan dapat terjadi apabila tubuh menghirup gas oksida sulfur yang berasal dari proses-proses industri seperti pemurnian petroleum, industri asam sulfat, dan industri peleburan baja. Pembengkakan pada paru-paru disebabkan oleh kontaminasi zat pencemar berupa nitrogen dioksida sehingga penderita sulit bernapas. Hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Kerusakan enzim intraseluler disebabkan oleh adanya ikatan CO yang stabil.

11. Penggunaan lemari es yang makin banyak digunakan oleh masyarakat dapat mempercepat terjadinya penipisan lapisan ozon di bumi. Keadaan tersebut disebabkan oleh . . . .
    a. Asam nitrit dan asam sulfat yang bereaksi di atmosfer
    b. Gas karbon dioksida yang terakumulasi di atmosfer bumi
    c. Sulfur oksida yang teroksidasi menjadi asam sulfat di udara
    d. Gas chloro fluoro carbon yang terlepas ke atmosfer secara bebas
    e. Gas karbon monoksida terlepas ke udara dengan bebas

Penjelasan:
    Lemari es menggunakan freom sebagai bahan pendingin Freon merupakan senyawa chlore fluoro carbon (CFC), CFC yang terlepas ke atmosfer akan diuraikan oleh sinar ultraviolet sehingga melepaskan klorin, Klorin yang terlepas dan mencemari udara akan memecah ikatan gas-gas lain di atmosfer termasuk ozon sehingga mengakibatkan penipisan lapisan ozon. Adapun asam sulfat di atmosfer berasal dari oksidasi sulfur dioksida. Jika terjadi reaksi antara asam sulfat dan asam nitrit di atmosfer dapat mengakibatkan hujan asam. Apabila gas karbon monoksida bebas di udara dapat menyebabkan tubuh mengalami hipoksia sehingga mengganggu sistem pernapasan. kematian sel-sel otak, bahkan kematian.

12. Tanaman teh merupakan salah satu tanaman perkebunan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman teh dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Oleh karena itu, di daerah dataran tinggi sering dilakukan aktivitas pembukaan lahan hutan untuk area perkebunan. Alih fungsi lahan hutan menjadi perkebunan dapat mengakibatkan dampak negatif berupa . . . .
    a. Terganggunya kelangsungan hidup organisme tanah
    b. Punahnya flora dan fauna tertentu
    c. Berkurangnya produktivitas lahani
    d. Berkurangnya sumber oksigen
    e. Tanah menjadi tandus

Penjelasan:
    Secara ekonomis, alih fungsi lahan hutan menjadi area perkebunan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun, kegiatan tersebut secara ekologis mengakibatkan terjadinya penurunan keanekaragaman hayati di daerah tersebut. Pembukaan lahan berarti menghilangkan beberapa komponen biotik dalam ekosistem tersebut. Peristiwa ini dapat mengakibatkan punahnya flora dan fauna tertentu. Sementara, itu terganggunya kelangsungan hidup organisme tanah dapat disebabkan oleh kegiatan membuang limbah di tanah dan penggunaan pupuk kimia secara berlebihan. Berkurangnya produktivitas lahan dan tanah menjadi tandus disebabkan oleh penerapan sistem monokultur. Berkurangnya sumber oksigen disebabkan oleh kegiatan penebangan pohon secara liar.

13. Penggunaan masker ketika berkendara di jalan sangat penting. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi terpaparnya emisi gas dari kendaraan bermotor. Salah satu emisi gas kendaraan bermotor yaitu karbon monoksida. Karbon monoksida sangat berbahaya apabila terhirup oleh tubuh karena . . . .
    a. Mengganggu Indra penglihatan
    b. Mempercepat kerusakan sistem saraf dalam otak
    c. Menghambat peredaran oksigen di dalam tubuh
    d. Mengurangi pengangkutan karbon dioksida ke luar tubuh
    e. Memperlambat penyerapan sari-sari makanan di usus halus

Penjelasan:
    Karbon monoksida (CO) merupakan senyawa tidak berbau, tidak berasa, dan pada suhu udara normal berbentuk gas yang tidak berwarna. Gas CO merupakan hasil pembakaran tidak sempurna dari mesin mobil dan mesin bakar lainnya. Gas CO yang masuk ke tubuh (aliran darah) manusia dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Gas CO mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan hemoglobin (pigmen sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh) sehingga harus diwaspadai. Di dalam darah, CO berikatan dengan Hb membentuk HbCO (karboksihemoglobin). Perlu diketahui bahwa pembentukan karboksihemoglobin (HbCO) 200 kali lebih stabil dibandingkan oksihemoglobin (Hb0). Penguraian HbCO yang relatif lambat mengakibatkan terhambatnya kerja molekul sel pigmen tersebut dalam fungsinya membawa oksigen ke seluruh tubuh. Adapun iritasi indra penglihatan dapat disebabkan oleh partikel debu. Gangguan sistem saraf disebabkan oleh keracunan merkuri.

14. Tumpahan minyak bumi di perairan dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Upaya yang tepat untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah . . . .
    a. Memanfaatkan bakteri Pseudomonas putida untuk menguraikan ikatan hidrokarbon pada minyak bumi
    b. Mendegradasi limbah minyak bumi dengan cara memfermentasi minyak bumi menjadi poliester
    c. Mengendapkan limbah minyak bumi dengan cara menambahkan elektrolit
    d. Menggunakan alat khusus untuk menyedot limbah minyak bumi
    e. Melarang pengoperasian kapal bermuatan minyak bumi

Penjelasan:
    Tumpahan minyak bumi di perairan dapat didegradasi dengan cara bioremediasi. Bioremediasi tersebut menerapkan prinsip mendegradasi zat pencemar menjadi bahan tidak beracun atau mereduksi bahan pencemar dari lingkungan. Tumpahan minyak tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan bakteri Pseudomonas putida. Bakteri tersebut memilikd gen yang mampu menguraikan ikatan hidrokarbon pada minyak bumi sehingga pencemaran akibat tumpahan minyak di laut dapat teratasi.

15. Pak Agung memiliki peternakan sapi di desanya. Dari peternakan tersebut dihasilkan limbah berupa kotoran sapi. Apabila limbah tersebut dibiarkan terus- menerus dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan. Untuk menangani permasalahan tersebut, upaya yang dapat dilakukan Pak Agung adalah . . . .
    a. Mendaur ulang limbah kotoran sapi
    b. Mengubur limbah kotoran sapi di tanah
    c. Mengolah limbah kotoran sapi menjadi biogas
    d. Membuang limbah kotoran sapi di sungai
    e. Membuang limbah kotoran sapi di tanah kosong

Penjelasan:
    Limbah kotoran sapi termasuk dalam sampah organik. Salah satu upaya menangani limbah kotoran sapi tersebut yaitu diolah menjadi sumber energi terbarukan yang dinamakan biogas. Limbah kotoran sapi dikumpulkan terlebih dahulu di satu tempat dan ditambahkan bakteri anaerob penghasil gas metana. Selanjutnya, dilakukan fermentasi beberapa hari dalam wadah tertutup. Gas metana yang dihasilkan dari proses fermentasi merupakan blogas yang dapat digunakan untuk bahan bakar di rumah. Sementara itu, limbah kotoran sapi (sampah organik) tidak dapat didaur ulang. Mengubur dan membuang limbah kotoran sapi dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah. Limbah kotoran sapi apabila dibuang di sungai dapat menyebabkan pencemaran air dan mengganggu komponen biotik di dalamnya.

16. Keberadaan keanekaragaman hayati di Indonesia saat ini makin mengkhawatirkan. Kondisi tersebut terjadi karena adanya kegiatan eksploitasi SDA yang berlebihan. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan keanekaragaman hayati. Aktivitas manusia yang dapat meningkatkan keanekaragaman hayati adalah . . . .
    a. Melakukan konservasi lahan kritis
    b. Mengembangkan pertanian monokultur
    c. Mengembangkan hutan tanaman industri
    d. Menangkap ikan menggunakan pukat harimau
    e. Menjadikan hutan bakau sebagai area tambak

Penjelasan:
    Melakukan konservasi lahan kritis merupakan langkah untuk melakukan perlindungan dan pemeliharaan lahan kritis, misalnya melakukan reboisasi. Oleh karena itu, dengan melakukan konservasi lahan kritis dapat meningkatkan keanekaragaman hayati. Sementara itu, pertanian monokultur merupakan sistem pertanian yang melakukan penanaman satu jenis tanaman secara terus-menerus pada suatu lahan sehingga dapat mengurangi keanekaragaman hayati. Mengembangkan hutan tanaman industri akan mengurangi keanekaragaman hayati. Menangkap ikan menggunakan pukat harimau dapat mengganggu regenerasi ikan sehingga dapat mengakibatkan keanekaragaman hayati berkurang. Menjadikan hutan bakau sebagai area tambak dapat mengurangi keanekaragaman hayati. Hal ini dikarenakan hutan bakau merupakan habitat beberapa jenis makhluk hidup sehingga apabila dijadikan area tambak dapat mematikan beberapa jenis makhluk hidup.

17. Beberapa pusat perbelanjaan di ibukota sudah tidak menyediakan kantong plastik sebagai wadah belanjaan. Pembeli diharapkan membawa tas belanja yang dapat digunakan berulang-ulang. Tindakan tersebut menunjukkan aplikasi dari metode penanganan limbah ramah lingkungan, yaitu . . . .
    a. Reuse
    b. Repair
    c. Reduce
    d. Recycle
    e. Replace

Penjelasan:
    Membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja merupakan tindakan yang menerapkan prinsip replace, Replace adalah mengganti barang sekali pakai dan barang tidak ramah lingkungan dengan barang yang dapat digunakan berulang kali dan dengan barang yang dapat didaur ulang. Adapun reuse adalah menggunakan kembali barang barang yang sudah tidak dipakai lagi untuk keperluan lain. Sebagai contoh, menggunakan ember bekas untuk menanam bunga. Repair adalah memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat dipakai kembali. Sebagai contoh, menjahit baju yang robek. Reduce adalah menggunakan barang-barang hanya saat diperlukan saja. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi volume sampah dan menghemat sumber daya alam. Sebagai contoh, mengurangi penggunaan kertas. Recycle adalah mengolah barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi menjadi produk lain yang bermanfaat. Sebagai contoh, mengolah limbah pabrik gula menjadi pupuk organik.

18. Tindakan reboisasi di hutan-hutan gundul merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi produksi gas . . . .
    a. Karbon monoksida penyebab hujan asam
    b. Karbon dioksida penyebab pemanasan global
    c. Nitrogen dioksida penyebab efek rumah
    d. Kloro fluoro karbon penyebab penipisan kaca lapisan ozon
    e. Metana pemicu iritasi sistem pernapasan pada manusia

Penjelasan:
    Kadar karbon dioksida di udara yang berlebih dapat menimbulkan terjadinya pemanasan global. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk mengurangi kadar polutan tersebut. Salah satunya dengan melakukan reboisasi di hutan hutan gundul. Tumbuhan membutuhkan karbon dioksida untuk melakukan proses fotosintesis. Jika jumlah tumbuhan yang ditanam banyak maka kadar polutan karbon dioksida di udara akan berkurang.

19. Hujan asam merupakan salah satu fenomena yang diakibatkan oleh pencemaran udara. Hujan asam sangat berbahaya bagi kehidupan karena dapat menyebabkan kematian tanaman dan terganggunya kehidupan organisme dalam tanah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan untuk menghindari terjadinya hujan asam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah . . . .
    a. Melakukan reboisasi
    b. Menghentikan penebangan hutan
    c. Mengurangi penggunaan pestisida
    d. Membatasi penggunaan kendaraan bermotor
    e. Membatasi penggunaan alat pendingin ruangan

Penjelasan:
    Hujan asam terbentuk karena adanya komponen sulfur dioksida. Sulfur dioksida merupakan jenis polutan yang dapat dihasilkan dari penggunaan kendaraan bermotor. Sulfur dioksida mengalami oksidasi menjadi asam sulfat. Pada saat musim penghujan tiba, air yang jatuh mengandung asam sulfat sehingga dapat menyebabkan hujan asam. Dengan demikian, untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan kendaraan bermotor. Sementara itu, melakukan reboisasi dan menghentikan penebangan hutan merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya pemanasan global akibat gas CO Mengurangi penggunaan pestisida dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran air dan tanah. Membatasi penggunaan alat pendingin ruangan dilakukan untuk mengurangi terjadinya penipisan lapisan ozon.

20. Wilayah Indonesia didominasi oleh hutan. hujan tropis. Hutan hujan tropis paling banyak menyimpan keanekaragaman hayati di Indonesia. Namun, saat ini kondisi hutan hujan tropis di wilayah Indonesia makin mengkhawatirkan. Kondisi tersebut disebabkan oleh maraknya penebangan liar dan pembakaran hutan. Berdasarkan uraian tersebut, upay ang tepat untuk melestarikan sumber daya alam di hutan tersebut adalah . . . .
    a. Menutup semua kawasan hutan dari wisatawan
    b. Menerapkan sistem tebang pilih dan tanam kembali
    c. Melakukan penelitian yang intensif di kawasan hutan
    d. Menerapkan sistem ladang berpindah di kawasan hutan
    e. Memanfaatkan sumber daya alam yang ada di hutan semaksial mungkin

Penjelasan:
    Hutan hujan tropis merupakan salah satu sumber daya alam yang di dalamnya terdapat berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Kegiatan penebangan liar dan pembakaran hutan dapat mengganggu keseimbangan alam di hutan tersebut. Hal ini dikarenakan dapat memicu terjadinya banjir dan erosi serta berkurangnya keanekaragaman tumbuhan dan hewan. Tumbuhan berfungsi mencegah terjadinya erosi tanah oleh air. Apabila tumbuhan di hutan habis, tanah bagian atas mudah terbawa aliran air hujan sehingga tanah mudah longsor. Sementara itu, berkurangnya populasi hewan dapat mengakibatkan kepunahan beberapa Jenis hewan. Oleh karena itu, upaya yang paling efektif untuk melestarikan sumber daya alam di hutan tersebut adalah menerapkan sistem tebang pilih dan tanam kembali (reboisasi). Tujuan penerapan sistem tebang pilih yaitu memelihara keanekaragaman hayati makhluk hidup di hutan. Selain itu, kegiatan reboisasi dilakukan dengan menanami berbagai jenis tumbuhan pada lahan-lahan yang gundul untuk mencegah terjadinya banjir dan erosi. Adapun menutup semua kawasan hutan dari wisatawan. melakukan penelitian yang intensif di kawasan hutan, menerapkan sistem ladang berpindah di kawasan hutan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di hutan semaksimal mungkin bukan merupakan upaya pelestarian sumber daya alam di hutan. Penerapan sistem ladang berpindah justru dapat menyebabkan lahan menjadi gersang dan tandus.



B. Isilah dengan jawaban yang tepat!


1 Penangkapan ikan dengan bahan peledak dapat mengganggu keseimbangan ekosistem bawah laut karena . . . .
Jawaban: Merusak terumbu karang

2. Perhatikan grafik hubungan nilai DO dengan daerah aliran sungai X berikut.


Berdasarkan grafik tersebut, tingkat pencemaran air tertinggi terdapat di bagian sungai yang ditunjukkan oleh angka . . . .
Jawaban: IV

3. Salah satu kota di daerah B dijadikan pusat industri sehingga banyak didirikan berbagai jenis pabrik. Beberapa waktu terakhir terjadi fenomena beberapa tumbuhan dan hewan yang mati secara mendadak di kota tersebut. Selain itu, bagian dari bangunan yang berbahan besi mengalami pengkaratan lebih cepat. Keadaan tersebut makin parah ketika intensitas curah hujan tinggi. Berdasarkan kondisinya, kota di daerah B mengalami pencemaran yang disebabkan oleh . . . dan . . . .
Jawaban: Nitrogen dioksida; sulfur dioksida

4. Suatu desa ditinggali oleh warga yang sebagian besar! berprofesi sebagai petani. Akhir-akhir ini, pertumbuhan eceng gondok di sungai dekat area persawahan petani mengalami peningkatan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, dapat disimpul kan bahwa sungai tersebut tercemar limbah pertanian berupa . . . .
Jawaban: Puupuk kimia

5. Parfum merupakan salah satu penyumbang polutan di daerah perkotaan yang dapat mencemari lingkungan. Apabila manusia menggunakan parfum secara berlebihan akan memicu terjadinya kerusakan lingkungan karena dapat mengakibatkan penipisan lapisan ozon yang disebabkan oleh gas . . . .
Jawaban: CFC

6. Dito mengumpulkan ban bekas motor milik ayahnya. Beberapa ban bekas motor yang masih bagus digunakan ulang untuk memodifikasi motornya. Adapun sebagian lainnya dimanfaatkan Dito untuk membuat kursi taman yang nyaman. Tindakan yang dilakukan oleh Dito menunjukkan metode penanganan limbah secara . . . .
Jawaban: Reuse

7. Limbah jarum suntik, bateral bekas, dan botol pengharum ruangan sangat berbahaya apabila langsung dibuang ke lingkungan. Oleh karena itu, penanganannya dilakukan secara khusus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Hal tersebut dikarenakan ketiga limbah tersebut termasuk dalam jenis limbah . . . .
Jawaban: B3 (bahan berbahaya dan beracun)

8. Cara bercocok tanam dengan menanam berbagai jenis tanaman secara bergiliran disebut . . . .
Jawaban: Rotasi tanaman

9. Penggunaan kendaraan bermotor dapat menghasilkan suatu polutan yang dapat mengakibatkan tubuh mengalami hipoksia. Polutan yang dimaksud, yaitu gas . . . .
Jawaban: Monoksida

10. Lahan bekas tambang batu bara mengandung sulfat sehingga tanah berada dalam kondisi asam. Akibatnya, tanaman tidak mampu tumbuh di lahan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembalikan pH tanah menjadi normal, yaitu memanfaatkan bakteri pereduksi sulfat. Upaya penanganan pencemaran tersebut dinamakan . . . .
Jawaban: Bioremediasi



C. Kerjakan soal-soal berikut!


1. Peristiwa blooming algae umumnya disebabkan oleh adanya peningkatan jumlah fosfat di perairan. Menurut Anda, benarkah penyataan tersebut? Jelaskan!
Jawaban:
    Blooming algae merupakan peristiwa pertumbuhan alga di suatu perairan yang tidak terkendali dan menimbulkan ledakan. Peristiwa tersebut dapat disebabkan oleh pencemaran limbah detergen di perairan. Limbah detergen mengandung fosfat yang dapat memperkaya kadar unsur hara di perairan. Akibatnya, alga dapat tumbuh dengan subur. Jadi, pernyataan yang terdapat pada soal tersebut benar.

2. Sebagian petani beranggapan bahwa pupuk urea merupakan pupuk yang paling tepat digunakan untuk meningkatkan kualitas tanaman. Hall tersebut dikarenakan pupuk urea mengandung makronutrisi dengan komposisi yang sesuai dan lebih cepat diserap oleh tanaman. Namun, penggunaan pupuk urea secara berlebihan memberikan dampak buruk bagi keseimbangan lingkungan. Mengapa demikian? Jelaskan!
Jawaban:
    Pupuk urea yang diberikan secara berlebihan ke tanaman tidak mampu diserap tanah dengan baik. Akibatnya, pupuk tersebut dapat menguap ke udara atau hanyut terbawa oleh aliran air. Pupuk yang hanyut dan sampai ke perairan dapat menyebabkan penambahan unsur hara di perairan. Peningkatan zat hara mengakibatkan populasi beberapa jenis tumbuhan air seperti eceng gondok mengalami pertumbuhan dengan hingga menutupi permukaan air. Pertumbuhan tanaman air yang cepat ini disebut eutrofikasi. Populasi eceng gondok yang menutupi permukaan perairan mengakibatkan cahaya matahari tidak dapat masuk ke dasar perairan. Terhalangnya penetrasi cahaya matahari ini mengakibatkan fitoplankton tidak dapat melangsungkan fotosintesis. Akibat terganggunya fotosintesis fitoplankton terjadilah penurunan kadar oksigen terlarut dalam air. Hewan-hewan air akan mati karena kekurangan oksigen. Selain itu, penggunaan pupuk yang berlebihan juga membuat kesuburan tanah menurun. Kandungan nitrogen pada pupuk urea dapat menurunkan pH tanah menjadi asam. Tanah yang terlalu asam tidak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman bahkan menyebabkan kematian. Kematian komponen biotik di suatu ekosistem secara massal dapat mengganggu aliran energi Terganggunya aliran energi berdampak bagi keseimbangan ekosistem.

3. Pada suatu perairan dekat dengan permukiman warga banyak ditumbuhi eceng gondok. Kondis tersebut terjadi akibat aktivitas warga seperti mencuci pakaian yang dapat mencemari perairan. Kondisi air yang tercemar ternyata sangat menguntungkan bagi pertumbuhan eceng gondok. Selain sebagai indikator terjadinya pencemaran, ternyata eceng gondok juga dapat dimanfaatkan untuk mengolah limbah cair. Bagaimana cara memanfaatkan eceng gondok dalam pengolahan limbah cair?
Jawaban:
    Pertumbuhan eceng gondok yang melimpah di suatu perairan menunjukkan bahwa perairan tersebut kaya dengan nutrien (zat hara), terutama senyawa fosfat. Ini membuktikan bahwa eceng gondok mampu menyerap senyawa pencemar air. Berdasarkan hal tersebut, eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk pengolahan limbah cair. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat kolam pengolah limbah, lalu ditanami eceng gondok. Melalui cara ini terbukti bahwa air limbah yang keluar dari kolam tersebut telah berkurang nilai BOD, COD, dan pH-nya.

4. Pak Widodo ingin menanam tanaman cabai di pekarangan rumahnya. Pada saat melakukan pembibitan, Pak Widodo menggunakan kaleng biskuit bekas sebagai tempat media tanam. Berdasarkan uraian tersebut, metode apa yang diterapkan oleh Pak Widodo dalam penanganan limbah ramah lingkungan?
Jawaban:
    Penggunaan kaleng biskuit bekas sebagai tempat pembibitan merupakan tindakan penanganan limbah ramah lingkungan yang disebut reuse Reuse adalah menggunakan kembali barang barang yang sudah tidak terpakai lagi untuk kepentingan lain. Dalam hal ini, Pak Widodo menggunakan kembali kaleng biskuit bekas yang tidak terpakai untuk pembibitan tanaman ├žabal

5. Plastik biodegradable sudah banyak dibuat dan digunakan oleh masyarakat. Plastik tersebut dipercaya mampu menangani permasalahan plastik di lingkungan karena menggunakan bahan dasar yang dapat terurai lebih cepat. Namun, penelitian terkini menyatakan bahwa plastik biodegradable tidak seluruhnya mampu dihancurkan oleh mikroorganisme dan masih meninggalkan potongan kecil tak kasat mata yang disebut mikroplastik. Berdasarkan pernyataan di atas, benarkah bahwa penggunaan plastik biodegradable merupakan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah sampah plastik di lingkungan? Jelaskan!
Jawaban:
    Plastik biodegradable terbuat dari bahan dasar seperti tepung, protein, kolagen, dan chitosan. Apabila menggunakan bahan dasar tersebut, plastik biodegradable lebih cepat terurai oleh mikroorganisme di alam daripada plastik sintetis lainnya. Namun, tidak semua plastik. biodegradable mudah terurai seluruhnya di
alam. Beberapa jenis plastik biodegradable meninggalkan potongan kecil tak kasat mata disebut mikroplastik. Mikroplastik memiliki ukuran partikel yang sangat kecil sehingga mudah masuk dan terserap oleh hewan dan manusia Mikroplastik yang berada dalam tubuh hewan atau manusia dapat mengganggu sistem biologis di dalamnya dan berdampak besar bagi kesehatan. Sebagai contoh, ilan yang terpapar mikroplastik dapat menyebabkan terjadinya interseksual atau jenis kelamin yang tidak menentu. Selain itu, mikroplastik dapat melukai organ pencernaan ikan dan menghambat proses penyerapan nutrisi. Akibatnya, banyak ikan yang mengalami kematian. Kejadian tersebut dapat memengaruhi populasi ikan di suatu perairan. Pada manusia mikroplastik dapat mengganggu kesehatan apabila terserap dalam jumlah banyak. Jadi, plastik biodegradable bukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan sampah plastik di lingkungan karena dalam penggunaannya menimbulkan dampak negatif yang cukup besar bagi lingkungan dan kesehatan.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih


Post a Comment

0 Comments