PPKn X - Semester 2 - Ancaman terhadap Keutuhan NKRI dan Strategi Mengatasinya - Uji Kompetensi 3 (2021)

PPKn X - Semester 2 - Ancaman terhadap Keutuhan NKRI dan Strategi Mengatasinya - Uji Kompetensi 3 (2021)

PPKn SMA/MA

Kelas X Semester 2





BAB II
Ancaman terhadap Keutuhan NKRI dan Strategi Mengatasinya
"Strategi Mengatasi Ancaman terhadap Keutuhan NKRI"




Uji Kompetensi 3



A. Pilihlah jawaban yang tepat!



1. Bacalah informasi berikut!
    Pemkab Magelang memberi klarifikasi terkait beredarnya informasi tentang denda sebesar Rp250 ribu terkait penggunaan masker. Sekda Kabupaten Magelang mengatakan bahwa sanksi yang akan diberikan bulan berupa sanksi administratif tetapi sanksi sosial seperti membaca Pancasila maupun menyanyikan lagu kebangsaan.
Tindakan klarifikasi Pemkab Magelang merupakan strategi yang akan mengakibatkan . . . .
    a. Kepercayaan masyarakat kepada pemerintah menurun
    b. Proses administratif daerah dipermudah
    c. Kecemasan dalam masyarakat hilang
    d. Kesadaran hukum masyarakat tinggi
    e. Pendapatan daerah meningkat

Penjelasan:
    Tindakan Pemkab Magelang memberi klarifikasi sanksi terkait penggunaan masker merupakan strategi mengatasi berita berita bohong (hoaks). Apabila hoaks tidak segera dildarifikasi dapat mengakibatkan kecemasan dalam masyarakat, Selain itu, merebaknya berita hoaks dapat menggiring opini publik, membentuk persepsi, memunculkan fitnah, dan menebar kebencian yang berujung pada disintegrasi bangsa.

2. Gery selalu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan sungguh-sungguh. Tindakan Gery merupakan salah satu bentuk strategi pertahanan dan keamanan bangsa sesual ketentuan dalam peraturan perundang undangan, yaitu . . . .
    a. Pasal 29 ayat (3)
    b. Pasal 30 ayat (1)
    c. Pasal 31 ayat (1)
    d. Pasal 32 ayat (1)
    e. Pasal 33 ayat (1)

Penjelasan:
    Pasal 30 ayat (1) menyatakan bahwa "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Bela negara tidak harus dalam wujud perang, tetapi Juga dapat diwujudkan melalui kegiatan ronda malam, belajar, pengabdian melalui profesi, dan mengikuti kegiatan pramuka Pilihan a mengatur tentang agama. Pilihan c dan d mengatur tentang pendidikan dan kebudayaan, Pilihan e mengatur tentang perekonomian nasional. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan b.

3. Bacalah wacana berikut!
    Kementerian Pertahanan masih membahas rencana pembelian alutsista dari Amerika Serikat Pemerintah Indonesia telah melayangkan permintaan untuk membeli delapan unit pesawat MV-22 Blok C Osprey. Akan tetapi, pemerintah masih mengkaji rencana belanja sebesar Rp28,8 triliun itu.
Apabila pembahasan tersebut disepakati akan berdampak pada . . . .
    a. Keberhasilan Indonesia menjadi negara adidaya
    b. Berkurangnya konflik horizontal dalam masyarakat
    c. Turunnya anggaran pendapatan dan belanja negara
    d. Kuatnya pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer
    e. Keharmonisan hubungan diplomatik antara Indonesia-Amerika Serikat

Penjelasan:
    Alutsista menjadi kata kunci menjawab soal ini Alutsista adalah alat utama sistem pertahanan yang dapat digunakan untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI. Alutsista yang memadai dan canggih dapat memperkuat sistem pertahanan negara dari ancaman militer yang sewaktu-waktu mengancam NKRI, seperti pelanggaran wilayah, illegal fishing, maupun agresi.

4. Penguatan keamanan dan ketahanan siber oleh BSSN merupakan strategi dalam mengatasi ancaman di bidang . . . .
    a. Politik
    b. Ideologi
    c. Ekonomi
    d. Sosial budaya
    e. Teknologi Informasi

Penjelasan:
    Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan instansi pemerintah Republik Indonesia yang bergerak di bidang keamanan informasi dan keamanan siber. Penguatan keamanan dan ketahanan siber yang dilakukan BSSN bertujuan mencegah terjadinya kejahatan dunia maya (obercrime) yang dapat mengancam kedaulatan Indonesia dalam bidang teknologi dan informasi. Cyber crime merupakan jenis kejahatan yang dalam pelaksanaannya melibatkan peralatan teknologi. Kejahatan ini dapat memberikan akibat yang sangat besar kepada individu bahkan negara. Biasanya kejahatan ini dilakukan dengan memasukan logic bomb dan virus komputer pada sistem komputer yang dituju sehingga data-data atau program komputer tidak bisa digunakan. Contoh cyber crime adalah pembajakan akun, pembajakan situs web, dan menyebarkan virus.

5. Lunturnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat menjadi indikator adanya ancaman nonmiliter berdimensi ideologi. Sikap yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasi ancaman tersebut adalah . . . .
    a. Menghafalkan isi teks Pancasila secara sistematis
    b. Mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan
    c. Memahami makna setiap sila Pancasila secara terperinci
    d. Mempelajari sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara
    e. Menyanyikan lagu nasional "Garuda Pancasila sebagai penyemangat

Penjelasan:
    Pancasila sebagai dasar negara mengandung nilai-nilai sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilal-nilal dalam setiap sila Pancasila tidak sekadar untuk dipelajari dan dipahami, tetapi juga harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Mengimplementasikan nilai-nilal Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menjadi modal utama menghadapi ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri.

6. Perhatikan gambar berikut!


Tindakan di atas mencerminkan upaya menjaga eksistensi Pancasila karena . . . .
    a. Semua orang memiliki kebutuhan yang berbeda
    b. Setiap orang harus merencanakan masa depan
    c. Menabung menjadi kewajiban setiap manusia
    d. Manusia harus mampu bersikap hemat
    e. Manusia mempunyai banyak keinginan

Penjelasan:
    Menabung menjadi salah satu cara hidup hemat atau tidak boros. Menabung mencerminkan upaya menjaga eksistensi Pancasila karena sila kelima Pancasila yang berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia menghendaki manusia untuk mampu bersikap hemat atau tidak boros. Pancasila memberikan paham bahwa pemborosan akan merusak sumber daya, menimbulkan banyak utang, dan menciptakan beban berat bagi masa depan.

7. Bacalah berita berikut!
    Pemerintah Indonesia terus mem perkuat penjagaan di perairan Natuna setelah sejumlah kapal penjaga pantal Tonglek memasulo ZEE Indonesia tanpa len Penjagaan tidak hanya berlangsung sehari atau dua hart tetapi akan berlangsung sampai masalah kedaulatan selesai.
Upaya pala cuplikan berita tersebut merupakan bentuk strategi pemerintah mengatasi ancaman militer berupa . . . .
    a. Penyalahgunaan narkoba
    b. Pemberontakan yang menggunakan senjata
    c. Perang saudara yang menggunakan senjata
    d. Pelanggaran wilayah yang dilakukan negara lain
    e. Kegiatan rahasia untuk mendapatkan dolomen suatu negara

Penjelasan:
    Pilihan a merupakan contoh ancaman nonmiliter Pilihan b-d merupakan contoh ancaman militer. Masuknya kapal asing ke perairan Indonesia tanpa izin merupakan bentuk pelanggaran wilayah. Pelanggaran wilayah dapat terjadi di wilayah laut, ruang angkasa, maupun darat. Pelaku pelanggaran wilayah harus ditindak sesuai hukum yang berlaku.

8. Tingginya angka golput dalam pemilihan umum menjadi ancaman bagi pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah . . . .
    a. Mengadili masyarakat yang enggan memberikan hak suara dalam pemilu
    b. Melakukan regulasi anggota KPU selaku penyelenggara pemilihan umum
    c. Melakukan pendidikan politik kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi
    d. Melakukan amendemen terkait peraturan perundang-undangan tentang pemilu
    e. Memberikan iming-iming berupa barang atau uang untuk menarik partisipasi masyarakat

Penjelasan:
    Golongan putih (golput) adalah warga negara yang menolak memberikan suara dalam pemilihan umum sebagai tanda protes Tingginya angka golput menjadi indikator lemahnya pelaksanaan demokrasi Oleh karena itu, pihak yang terlihat dalam penyelenggaraan pemilu harus bekerja sama melakukan pendidikas politik kepada masyarakat. Melalui pendidika politik, diharapkan masyarakat akan memilde kesadaran pentingnya pemberian hak suara dalam pesta demokrasi sehingga dapat menurunkan angka golput.

9. Pelaksanaan upacara bendera merupakan sat satu strategi menumbuhkan sikap . . . .
    a. Patriotisme
    b. Chauvinisme
    c. Ekstremiume
    d. Nasionalisme
    e. Etnosentrisme

Penjelasan:
    Upacara bendera yang rutin dilaksanakan di sekolah maupun instansi pemerintahan dinilai dapat menumbuhkan sikap nasionalisme Perwujudan nasionalisme saat upacara, seperti pembacaan teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nasionalisme adalah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Terkikisnya jiwa nasionalisme mempermudah budaya asing memengaruhi pola pikir bangsa Indonesia. Oleh karena it nasionalisme perlu ditanamkan kepada bangsa Indonesia, terutama generasi muda.

10. Keberagaman budaya harus dilestarikan di tengah maraknya budaya asing yang masule ke Indonesia. Tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai bentuk strategi melestarikan budaya Indonesia adalah . . . .
    a. Mengedepankan sikap etnosentrisme
    b. Mendaftarkan kebudayaan Indonesia ke UNESCO
    c. Mempelajari dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui media sosial
    d. Membuat produk-produk legislasi agar kebudayaan Indonesia tidak diakuisisi negara lain
    e. Mengutamakan sikap chauvinisme agar kebudayaan Indonesia dikenal secara internasional

Penjelasan:
    Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi tidak serta merta hanya membawa dampak negatif bagi kehidupan manusia. Penggunaan teknologi dan informasi secara bijak dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan. Sebagai contoh, media sosial dapat dijadikan sebagai sarana promosi kebudayaan Indonesia kepada masyarakat lokal maupun internasional Pengenalan melalui media sosial diharapkan mampu meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia untuk ikut serta melestarikan kebudayaan Indonesia. Selain itu, pengenalan melalui media sosial diharapkan mampu menarik minat masyarakat internasional untuk mengenal kebudayaan Indonesia sehingga masuknya warga negara asing dapat meningkatkan devisa negara.



B. Isilah dengan jawaban yang tepat


1. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagal kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan . . . .
Jawaban: Pendukung

2. Memperkuat penyelenggaraan pemerintahan negara yang sah dan memperkuat lembaga legislatif merupakan strategi mengatasi ancaman berdimensi . . . .
Jawaban: Politik

3. Menyelesaikan masalah melalui musyawarah merupakan bentuk strategi mempertahankan nilai-nilai Pancasila, yaitu sila dengan lambang . . . .
Jawaban: Kepala banteng

4. Memprioritaslaan bidang pertanian merupakan salah satu bentuk strategi yang diyakini mampu mengatasi ancaman berdimensi ekonomi karena Indonesia merupakan negara . . . .
Jawaban: Agraris

5. Salah satu bentuk strategi mengatasi ancaman berdimensi teknologi informasi adalah melakukan revisi undang-undang tentang informasi dan . . . .
Jawaban: Transaksi elektronik



C. Kerjakan soal-soal berikut!


1. Upaya menghadapi ancaman berdimensi ideologi dapat dilakukan dengan menerapkan konsep pertahanan berlapis. Apa makna kata bercetak miring pada pernyataan tersebut?
Jawaban:
    Upaya menghadapi ancaman berdimensi ideologi dapat dilakukan dengan menerapkan konsep pertahanan berlapis Artinya, pelaksanaan strategi mengatasi ancaman berdimensi ideologi dapat melibatkan lapisan terdepan seperti kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian Kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian tersebut terdiri atas unsur pemerintah yang membidangi politik dalam negeri, pendidikan, informasi, dan agama. Keempat unsur pemerintah tersebut memiliki tanggung jawab menanamkan pemahaman tentang ideologi dengan strategi sesual bidang masing-masing.

2. Mengapa penanaman nilai-nilai Pancasila harus terus dilakukan?
Jawaban:
    Pancasila merupakan salah satu pilar penting dalam jiwa kebangsaan warga negara Indonesia. Penanaman nilai-nilai Pancasila penting dilakukan karena Pancasila memuat nilal budaya, keblasaan, dan adat istiadat bangsa Indonesia sendiri. Pancasila sebagal ideologi negara tidak hanya menjadi doktrin yang harus dihafal, tetapi juga harus dipahami dan dilestarikan khususnya oleh generasi muda. Dengan demikian, eksistensi nilai-nilai Pancasila tetap terjaga.

3. Bacalah berita berikut!
    Berdasarkan Global Competitiveness Report 2016-2017, infrastruktur Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 138 negara. Setelah terpilih menjadi presiden pada Oktober 2014, Joko Widodo berjanji membangun 225 proyek Infrastruktur prioritas, seperti 1.000 kilometer jalan raya, 3.000 km jalur kereta api, 24 pelabuhan, peningkatan kapasitas listrik 35 ribu megawatt, 33 bendungan, 29,8 km jembatan, beberapa bandar udara, dan infrastruktur Internet Sebagian besar proyek infrastruktur Presiden Jokowi ini berfolous pada Indonesia bagian timur dengan tidak mengesampingkan insfrastruktur di Indonesia bagian barat.
Apa dampak strategi yang dilakukan pemerintah sesual informasi pada cuplikan berita tersebut?
Jawaban:
    Strategi melakukan pembangunan dengan fokus pada Indonesia timur tanpa mengesamping kan Indonesia barat merupakan strategi pemerintah melakukan pemerataan pem bangunan. Pemerataan pembangunan dapat berdampak pada kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, seperti pertumbuhan ekonomi nasional dapat ditingkatkan, disparitas ekonomi dapat dicegah, dan kestabilan politik terjaga.

4. Perhatikan gambar berikut!


Apa hubungan strategi tersebut terhadap ancaman berdimensi ekonomi?
Jawaban:
    Salah satu bentuk ancaman nonmiliter yang mengancam kedaulatan ekonomi Indonesia adalah pengangguran. Tingginya jumlah pengangguran biasanya seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang tidak didukung oleh tersedianya lapangan kerja baru. Kondisi tersebut akan berdampak pada tingginya angka kemiskinan suatu negara Oleh karena itu, strategi menciptakan proyek padat karya maupun menyediakan lowongan pekerjaan seperti gambar pada soal diharapkan mampu menyerap tenaga kerja.

5. Sebutkan tiga strategi mengatasi ancaman berdimensi ekonomi!
Jawaban:
Ancaman berdimensi ekonomi dapat diatasi dengan strategi berikut.
    a. Mengembangkan sistem ekonomi demi memperkuat produksi domestik
    b. Memprioritaskan bidang pertanian.
    c. Melaksanakan sistem perekonomian yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.
    d. Menjadi negara mandiri yang tidak ber gantung pada badan-badan multilateral seperti IMF, Bank Dunia, dan WTO.
    e. Mempererat kerja sama dengan negara lain.
    f. Mengembangkan sistem ekonomi ke rakyatan dan memperkuat kemandirian bangsa
    g. Menciptakan lapangan kerja baru dalam skala besar dengan tujuan memberantas kemiskinan.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih


Post a Comment

0 Comments