PPKn X - Semester 2 - Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika - Uji Kompetensi 3 (2021)

PPKn X - Semester 2 - Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika - Uji Kompetensi 3 (2021)

PPKn SMA/MA

Kelas X Semester 2





BAB I
Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
"Upaya Menjaga Integrasi Nasional"




Uji Kompetensi 3



A. Pilihlah jawaban yang tepat!


1. Negara majemuk seperti Indonesia rentan terhadap ancaman yang mengganggu integrasi nasional Ancaman dalam pernyataan tersebut berarti . . . .
    a. Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh agen rahasia dalam mencari dan mendapatkan rahasia pertahanan negara dari negara lain
    b. Usaha yang berasal dari diri sendiri yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
    c. Usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijakan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindakan kriminal dan politis
    d. Hal yang berasal dari luar yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
    e. Hal atau usaha untuk menggugah kemampuan

Penjelasan:
    Pengertian ancaman ditunjukkan oleh pilihan c. Adapun pilihan a merupakan pengertian dari spionase, pilihan b merupakan pengertian hambatan, pilihan d merupakan pengertian gangguan, dan e merupakan pengertian tantangan.

2. Bacalah wacana berikut!
    Kaum separatis di berbagai daerah masih ada. Mereka berupaya mengganggu stabilitas politik negara Indonesia. Tujuan mereka yaitu berusaha memisahkan diri dari wilayah Indonesia. Pemerintah berusaha mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi, sampai saat ini kaum separatis masih ada di wilayah Indonesia.
Wacana tersebut menunjukkan bahwa . . . .
    a. Stabilitas politik negara masih lemah
    b. Kaum separatis nyaman tinggal di negara Indonesia
    c. Bangsa Indonesia tidak mampu mencegah kaum separatis
    d. Indonesia mempunyai tantangan internal dalam udkan keutuhan NKRI
    e. Tantangan terbesar bangsa Indonesia ialah menyelamatkan rakyat Indonesia

Penjelasan:
    Adanya kaum separatis dalam negara merupakan bentuk tantangan internal bagi negara tersebut untuk mewujudkan keutuhan negara. Kaum separatis merupakan musuh bangsa karena dapat memecah belah bangsa dan memisahkan diri dari negara tempat asalnya. Oleh karena itu, adanya kaum separatis sangat membahayakan keamanan dan keutuhan negara.

3. Perhatikan informasi berikut!
    Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Laksdya TNI Agus Setiadji, S.A.P. M.A. melakukan kunjungan ke Pulau Nipa di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Dalam kunjungan ke pulau terluar yang berada di perbatasan Indonesia dengan Singapura tersebut, Sekjen Kemhan berkesempatan melihat dan meninjau secara langsung kemajuan proyek pembangunan Nipa Tank Storage Terminal. Proyek tersebut merupakan program prioritas pemerintah guna menjadikan Pulau Nipa sebagai wilayah ekonomi berbasis pertahanan. Sekjen Kemhan mengatakan bahwa pembangunan di Pulau Nipa akan menjadi proyek percontohan bagi kegiatan-kegiatan pembangunan ekonomi berbasis pertahanan di pulau-pulau terluar.
Berkaitan dengan informasi tersebut, tantangan yang menjadi tugas generasi muda Indonesia. untuk menjaga keutuhan NKRI, yaitu . . . .
    a. Adanya isu pemanasan global
    b. Pengawalan pulau-pulau kecil terluar
    c. Stabilitas ekonomi dunia yang tidak kondusif
    d. Wabah penyakit yang dapat menyerang kapan saja
    e. Penguatan nilai-nilai moral dan hak asasi manusia

Penjelasan:
    Wacana pada soal menunjukkan komitmen pemerintah dalam mengembangkan ekonomi berbasis pertahanan. Komitmen tersebut dilakukan dengan melakukan program pembangunan di pulau-pulau terluar. Proyek pembangunan itu bertujuan meningkatkan perekonomian di wilayah perbatasan sehingga devisa negara bertambah dan kedaulatan NKRI terjaga. Oleh karena itu, perlu adanya penjagaan terhadap pulau-pulau terluar Indonesia. Tanpa penjagaan yang baik, mustahil program pembangunan di wilayah perbatasan maupun pulau-pulau terluar akan berjalan lancar.

4. Berdasarkan pasal 27 ayat (3) UUD NRI Tahun 1945, hak dan kewajiban bela negara dilakukan oleh . . . .
    a. Kepolisian negara Republik Indonesia
    b. Tentara Nasional Indonesia
    c. Setiap warga negara
    d. Setiap penduduk
    e. Pemerintah

Penjelasan:
    Pasal 27 ayat (3) UUD NRI Tahun 1945 berbunyi "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Dengan demikian, hak dan kewajiban bela negara melekat pada setiap warga negara Warga negara berbeda dengan penduduk. Pasal 26 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa "Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagal warga negara. Adapun pasal 26 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa "Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.

5. Pemerintah menugasi pasukan TNI untuk berjaga di gerbang perbatasan negara dan melakukan patroli di wilayah perbatasan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya . . . .
    a. Mengayomi masyarakat
    b. Melaksanakan tugas harian
    c. Menciptakan ketertiban nasional
    d. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
    e. Memberikan contoh kepada masyarakat tentang rasa cinta tanah air

Penjelasan:
    Tentara Nasional Indonesia mempunyai kewajiban menjaga keutuhan negara Indonesia. Tugas ini merupakan bentuk dedikasi dan bela negara anggota Tentara Nasional Indonesia pada bangsa dan negara. Setiap Tentara Nasional Indonesia mempunyai tempat dan cara masing masing dalam menjalankan tugasnya. Tugas Tentara Nasional Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

6. Contoh kewajiban warga negara untuk mewujud kan integrasi nasional dalam lingkungan masyarakat adalah . . . .
    a. Melaksanakan tugas piket kelas
    b. Membereskan tempat tidur
    c. Berbakti kepada orang tua
    d. Menjaga fasilitas umum
    e. Tidak menyontek saat ujian

Penjelasan:
    Contoh kewajiban warga negara dalam lingloungan masyarakat yaitu menjaga fasilitas umum, menolong orang yang kesusahan, dan menjaga ketertiban lingkungan.

7. Perhatikan contoh-contoh berikut!
    1) Mendukung pemerintah dalam menjalin hubungan dengan negara lain.
    2) Membantu pemerintah dalam menjaga kebudayaan daerah.
    3) Menggunakan bahasa daerah dan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
    4) Menjaga keberagaman tradisi setiap daerah.
    5) Mendukung kemerdekaan negara-negara terjajah.
Contoh hak dan kewajiban warga negara secara internal dalam mewujudkan integrasi nasional ditunjukkan oleh angka . . . .
    a. 1), 2), dan 3)
    b. 1), 2), dan 4)
    c. 2), 3), dan 4)
    d. 2), 3), dan 5)
    e. 3), 4), dan 5)

Penjelasan:
Contoh hak dan kewajiban warga negara secara internal dalam mewujudkan integrasi nasional sebagai berikut.
    1) Membantu pemerintah dalam menjaga kebudayaan daerah.
    2) Menggunakan bahasa daerah dan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari
    3) Menjaga keberagaman tradisi setiap daerah.
    4) Mengikuti pendidikan bela negara.

8. Setiap orang dapat berpartisipasi dalam rangka menjaga integrasi nasional. Bentuk perbuatan yang mencerminkan komitmen menjaga keutuhan nasional dalam lingkungan sekolah terdapat pada pernyataan . . . .
    a. Firman selalu datang ke sekolah tepat waktu
    b. Andri sering mengunjungi perpustakaan sekolah.
    c. Bela bermain ke rumah Sasa setelah pulang sekolah.
    d. Peserta didik mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib.
    e. Siswa kelas X mengadakan kantor kelurahan.

Penjelasan:
    Setiap orang mempunyai kewajiban menjaga keutuhan nasional. Upaya menjaga keutuhan nasional dapat dilakukan dari lingkungan terdekat dan melalui cara-cara sederhana, misal nya menjaga ketertiban pada saat mengikuti pemilihan ketua kelas. Melalui cara tersebut siswa sudah belajar menjaga keutuhan nasional.

9. Keutuhan nasional bisa tercapai apabila warga negara memiliki kepedulian yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Contoh upaya yang dapat dilakukan warga negara untuk menjaga komitmen terhadap keutuhan nasional dalam bidang kebudayaan adalah . . . .
    a. Menghargai perbedaan tradisi di setiap daerah
    b. Menganggap paling baik kebudayaan daerah sendiri
    c. Membuka diri dari kebudayaan yang berasal dari daerah
    d. Menciptakan satu kebudayaan daerah untuk semua masyarakat
    e. Memuseumkan alat-alat musik tradisional supaya tidak punah

Penjelasan:
    Bangsa Indonesia mempunyai banyak kebudaya an daerah. Hampir setiap daerah mempunyai kebudayaan sendiri. Kebudayaan-kebudayaan daerah tersebut menjadi akar bagi kebudayaan nasional. Kebudayaan yang beraneka ragam bisa menjadi penyebab munculnya konflik. Dengan adanya konflik, keutuhan nasional sulit terwujud. Oleh karena itu, diperlukan sikap saling menghargai perbedaan kebudayaan untuk mencapai keutuhan nasional.

10. Warga negara dapat melakukan upaya menjaga keutuhan nasional dengan menjaga hubungan dalam masyarakat dengan cara . . . .
    a. Bersikap adil kepada semua anggota keluarga
    b. Bersikap rendah diri kepada semua tetangga
    c. Aktif dalam menjaga keamanan wilayah
    d. Patuh kepada perintah orang tua
    e. Saling membantu antartetangga

Penjelasan:
    Keutuhan nasional dapat terwujud dengan membiasakan diri melakukan hal-hal sederhana dimulai dari lingkungan masyarakat. Saling membantu antartetangga merupakan upayal untuk menjaga hubungan baik. Terjalinnya hubungan baik tersebut dapat berpengaruh terhadap keutuhan nasional karena dengan terjalinnya hubungan baik akan mencegah terjadinya konflik dalam masyarakat.



B. Isilah dengan jawaban yang tepat!


1. Suatu gerakan oleh kelompok tertentu yang bertujuan untuk lepas dari NKRI dapat menghambat terwujudnya integrasi nasional. Tindakan yang dilakukan kelompok tersebut dikenal dengan gerakan . . . . 
Jawaban: Separatisme

2. Narkoba menjadi ancaman bagi integrasi nasional karena pengguna narkoba cenderung enggan berpikir ke depan dan berperilaku . . . .
Jawaban: Menyimpang

3. Salah satu contoh penyalahgunaan internet sehingga mengancam integrasi nasional adalah menggunakan internet untuk menyebarkan berita . . . .
Jawaban: Bohong; hoaks; tidak benar

4. Bela negara pada masa kini telah ditunjukkan oleh atlet-atlet Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di berbagai perhelatan olahraga internasional. Semangat bela negara para atlet Indonesia didasari oleh unsur dasar bela negara, yaitu . . . .
Jawaban: Cinta tanah air; nasionalisme

5. Keutuhan nasional bisa tercapai apabila warga negara memiliki . . . yang tinggi terhadap bangsa dan negara.
Jawaban: Kepedulian



C. Kerjakan soal-soal berikut!


1. Salah satu ancaman dalam mewujudkan integrasi nasional adalah degradasi moral atau kemerosotan moral. Jelaskan empat penyebab kemerosotan moral!
Jawaban:
Empat penyebab kemerosotan moral sebagai berikut.
    a. Kemajuan Teknologi. Kemajuan teknologi memberikan dampak positif, tetapi juga berdampak negatif bagi kerusakan moral. Perkembangan internet dan ponsel berteknologi tinggi sering disalahgunakan untuk mengakses situs yang berbau pornografi Penyalahgunaan teknologi (internet) memberikan andil besar dalam kemerosotan moral generasi penerus bangsa.
    b. Lemahnya Keimanan dan ketakwaan. Seseorang yang senantiasa memegang teguh ajaran agama, pasti tidak akan tergelincir pada perbuatan tercela. Begitu juga sebaliknya, ketika tingkat keimanan seseorang menurun, potensi kesalahan terbuka. Perbuatan tercela cenderung di lakukan sehingga terjadilah kemerosotan moral.
    c. Pengaruh Lingkungan. Lingkungan yang baik cenderung membuat seseorang menjadi lebih baik. Lingkungan dalam hal ini bukan sebatas lingkungan keluarga. Akan tetapi lebih luas lagi meliputi lingkungan pergaulan, sekolah, dan masyarakat. Lingkungan yang baik akan membawa seseorang pada kebaikan. Lingkungan yang buruk membuat seseorang cenderung berbuat buruk. Oleh karena itu, seseorang harus berpegang teguh pada ajaran agama dan hukum yang berlaku agar tidak terjerumus dalam perilaku menyimpang.

2. Bacalah wacana berikut!
    Konflik yang terjadi antarmasyarakat Indonesia menjadi perhatian dunia internasional. Konflik sosial dalam masyarakat seharusnya tidak terjadi apabila semua pihak mampu berpikiran positif terhadap keberagaman bangsa Indonesia. Dengan adanya konflik sosial tersebut, Riza, salah satu penulis buku profesional menuliskan artikel pada surat kabar nasional berjudul "Membangun Semangat Kebangsaan Generasi Muda". Artikel tersebut bersifat persuasif. Inti artikel tersebut adalah ajakan kepada warga masyarakat memperkuat jiwa persatuan dan kesatuan serta menyadarkan bahwa kita hidup dalam keberagaman.

Berdasarkan wacana tersebut, analisislah tindakan yang dilakukan Riza berkaitan dengan komitmen menjaga integrasi nasional!
Jawaban:
    Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab menciptakan kondisi negara Indonesia aman dan damai. Kondisi aman dan damai menunjukkan tercapainya integrasi nasional. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya yang dilakukan oleh Riza. Dia berupaya mengajak warga negara Indonesia memperkuat jiwa persatuan dan kesatuan melalui tulisan. Dengan pesan yang bersifat persuasif diharapkan pembaca dapat memahami dan mau melakukan sebagaimana isi dalam artikel.

3. Apa pengaruh terciptanya keutuhan nasional terhadap dunia internasional dan perekonomian nasional?
Jawaban:
    Terciptanya keutuhan nasional akan memberikan pengaruh terhadap dunia internasional. Keutuhan nasional memberikan pandangan kepada dunia internasional bahwa Indonesia merupakan negara yang aman dan damai. Dengan terciptanya citra positif tersebut tentunya Indonesia akan semakin dikenal. Banyak para investor yang menanamkan modal di Indonesia dan meningkatnya jumlah wisatawan ke Indonesia. Semua hal tersebut dapat memberikan sumbangan besar terhadap APBN. Selain itu, Indonesia akan menjadi negara yang diperhitungkan oleh negara-negara di dunia karena keberhasilannya menciptakan negara yang aman dan damai.

4. Bacalah wacana berikut!
    Indonesia mempunyai kekayaan luar biasa. Kekayaan Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tidak heran jika banyak tempat di Indonesia dijadikan sebagai tempat wisata. Wisata Indonesia menawarkan berbagai macam keindahan mulai dari keindahan alam hingga seni dan budayanya. Oleh karena itu, sudah selayaknya warga negara Indonesia mempunyal rasa cinta kepada tanah air Indonesia sebagai usaha bela negara untuk memperkukuh NKRI.
Berdasarkan wacana tersebut, tuliskan upaya sederhana yang dapat dilakukan demi meningkatkan rasa cinta tanah air!
Jawaban:
    Menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dapat ditunjukkan dengan cara sederhana seperti mengunjungi wisata alam Indonesia. Cara tersebut merupakan cara sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Kegiatan tersebut akan menumbuhkan rasa kagum dan bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Rasa kagum dan bangga tersebut dapat menumbuhkan keinginan untuk menjaga dan melestarikan kekayaan alam Indonesia.

5. Kelesuan ekonomi dunia berdampak pada perekonomian nasional. Nilai mata uang rupiah anjlok. Banyak warga negara Indonesia memilih menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat sebagai alat transaksi jual beli. Kondisi ini memperparah perekonomian nasional. Jika masalah ini dibiarkan akan mengancam integrasi nasional. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan pemuda Indonesia pada era global guna memperbaiki kondisi tersebut!
Jawaban:
    Jawaban peserta didik dapat bervariasi. Krisis ekonomi dunia dapat mengakibatkan kelesuan ekonomi suatu negara. Ini merupakan bentuk ancaman bagi negara berkembang. Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi yang mengakibatkan nilai tukar rupiah anjlok. Pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa memiliki kewajiban membantu negara mengatasi ancaman tersebut. Pemuda dapat mengajak warga negara Indonesia menggunakan mata uang rupiah. Dengan memanfaatkan teknologi, para pemuda dapat membuat lagu, iklan, dan video mengajak warga negara Indonesia menggunakan uang rupiah.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih


Post a Comment

0 Comments