PPKn X - Semester 2 - Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI - Uji Kompetensi 1 (2021)

PPKn X - Semester 2 - Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI - Uji Kompetensi 1 (2021)

PPKn SMA/MA

Kelas X Semester 2





BAB III
Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI
"Mengenal Wawasan Nusantara"




Uji Kompetensi 1



A. Pilihlah jawaban yang tepat!

1. Keadilan merupakan salah satu asas Wawasan Nusantara. Bentuk implementasi asas ini dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada pernyataan . . . .
    a. Bu Tari memberikan uang saku kepada Geri sebesar Rp3.000,00 dan Dio sebesar Rp10.000,00. Perbedaan uang salcu dikarenakan Geri duduk di kelas III sedangkan Dio kelas XII.
    b. Pak Rama dan Pak Adin bekerja sama dengan perusahaan X. Mereka sepakat membagi hasil usaha secara merata tanpa melihat jumlah saham yang ditanamkan di perusahaan X
    c. Gladis meminta iuran kepada teman-teman untuk membantu korban bencana alam. Gladis memberi kebebasan terkait jumlah yang akan disumbangkan,
    d. Vino tidak hanya memberikan sontekan kepada Tika, tetapi juga kepada Kevin. Tindakan Vino dilatarbelakangi solidaritas persahabatan.
    e. Bu Tiwi memberikan uang kembalian kepada Bu Wiwin sesuai jumlah belanjaan.

Penjelasan:
    Adil bukan berarti sama rata. Adil berarti membagi sesuai porsinya. Asas keadilan tampak pada pernyataan pada pilihan a. Bu Tari memberikan uang saku sesuai kebutuhan anak Dio yang duduk di kelas XII memiliki kebutuhan yang lebih besar daripada Geri yang duduk di kelas III. Pilihan b tidak mencerminkan keadilan karena tidak sesuai porsinya. Pilihan c mencerminkan asas solidaritas. Pilihan d merupakan bentuk tindakan tidak terpuji.. Pilihan e mencerminkan asas kejujuran. Perlu diingat bahwa asas-asas Wawasan Nusantara harus diimplementasikan dalam kegiatan positif.

2. Bacalah berita berikut!
    Sebanyak 450 prajurit TNI Angkatan Darat dari Yonif 725/Woroagi Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, diberangkatkan ke Papua sektor Utara dalam tugas misi pengamanan perbatasan Indonesia-PNG. Penugasan ke daerah operasi merupakan wujud nyata pengabdian dan kehormatan bagi seorang prajurit kepada negara dan bangsanya, demi tegaknya kedaulatan wilayah NKRI serta kukuhnya persatuan dan kesatuan bangsa.
Jika dikaitkan dengan wilayah Indonesia yang berbasis kepulauan, informasi di atas mencerminkan asas . . .
    a. Kesetiaan
    b. Solidaritas
    c. Kerja sama
    d. Rela berkorban
    e. Kepentingan yang sama

Penjelasan:
    Asas kesetiaan Wawasan Nusantara penting bagi persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan Asas kesetiaan tampak ketika 450 TNI rela mengamankan perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Kerelaan prajurit TNI merupakan wujud nyata menjaga keutuhan NKRI dari berbagal ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan dari luar. Kesetiaan TNI menjaga daerah perbatasan juga dapat mempercepat tercapainya salah satu tujuan nasional, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

3. Wawasan Nusantara sebagai landasan visional merupakan wawasan nasional yang bersumber pada . . . .
    a. Pancasila dan GBHN
    b. Ketahanan nasional dan GBHN
    c. Pancasila dan ketahanan nasional
    d. Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945
    e. UUD NRI Tahun 1945 dan peraturan perundang-undangan pelaksananya

Penjelasan:
    Wawasan Nusantar dalam paradigma nasional berkedudukan sebagai visi bangsa. Visi bangsa Indonesia harus disesuaikan dengan Pancasila sebagai landasan idiil dan UUD NRI Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional. Adapun ketahanan nasional dan GBHN berkedudukan sebagai landasan operasional.

4. Indonesia adalah negara plural yang menyimpan berbagai keragaman, salah satunya keberagaman budaya. Sikap yang sebaiknya Anda lakukan sebagai wujud asas keterpaduan Wawasan Nusantara adalah . . . .
    a. Menghafalkan lagu daerah di seluruh wilayah Indonesia
    b. Mendaftarkan kebudayaan Indonesia ke UNESCO
    c. Membuat kebijakan terkait budaya Indonesia
    d. Mengenakan batik dalam acara penting
    e. Mempelajari seluruh tarian daerah

Penjelasan:
    Batik merupakan salah satu bagian dari budaya bangsa Indonesia. Kebudayaan Indonesia harus dilestarikan sebagai wujud asas keterpaduan Wawasan Nusantara dalam satu kesatuan sosial budaya. Satu kesatuan sosial budaya, artinya corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya dengan tidak menolak nilai-nilai budaya lain yang tidak bertentangan dengan nilai budaya bangsa yang hasil-hasilnya dapat dinikmati bangsa.

5. Perhatikan gambar berikut!


Lembaga negara pada gambar di atas merupakan salah satu wujud wadah Wawasan Nusantara, karena . . . .
    a. Memiliki wewenang menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang undang terhadap undang-undang
    b. Bertanggung jawab menampung aspirasi masyarakat
    c. Menjalankan tugas dan wewenang secara transparan
    d. Menjadi wadah perselisihan antarpartal politik
    e. Berkedudukan sebagai suprastruktur negara

Penjelasan:
    Gambar pada soal adalah Mahkamah Konstitusi Mahkamah Konstitusi merupakan wujud suprastruktur politik Indonesia. Mahkamah Konstitusi berwenang mengadili di tingkat pertama dan terakhir yang keputusannya bersifat final. Mahkamah Konstitusi memiliki wewenang dan tugas yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, seperti menyelesaikan perselisihan antara partai politike Suprastruktur politik tidak hanya terdiri atas Mahkamah Konstitusi, tetapi juga keseluruhan organisasi kenegaraan. Keseluruhan organisasi kenegaraan yang menyangkut bentuk dan kedaulatan negara, kekuasaan pemerintah, sistem pemerintahan, dan sistem perwakilan didasarkan pada UUD NRI Tahun 1945.

6. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan alam Indonesia harus diolah demi kepentingan bersama sesuai asas Wawasan Nusantara. Oleh karena itu, upaya yang sebaiknya dilakukan pemerintah adalah . . . .
    a. Melakukan kerja sama dengan negara asing demi kemakmuran rakyat
    b. Mengelola kekayaan alam Indonesia untuk kepentingan golongan tertentu
    c. Memberikan hasil pengelolaan kekayaan alam bagi masyarakat yang bersifat homogenitas
    d. Menguasal cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan hajat hidup orang banyak
    e. Memberi kebebasan kepada masyarakat untuk mengambil dan mengelola kekayaan alam tanpa batas

Penjelasan:
    Pasal 33 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945 menjelaskan bahwa "Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasal hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara" Artinya, pemerintah atau negara memiliki kewajiban menjaga, menguasal, maupun mengelola kekayaan alam Indonesia demi tercapainya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

7. Salah satu tujuan Wawasan Nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan. Sikap tersebut dapat Anda lakukan melalui kegiatan . . . .
    a. Ibadah
    b. Karyawisata
    c. Musyawarah
    d. Gotong royong
    e. Upacara bendera

Penjelasan:
    Upacara bendera umumnya dilaksanakan pada hari Senin maupun pada hari-hari besar nasional. Pelaksanaan upacara bendera meliputi berbagai prosesi, seperti mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih. Prosesi dalam kegiatan upacara menjadi salah satu upaya meningkatkan rasa nasionalisme pada pelajar. Nasionalisme adalah sikap mencintai bangsa dan negara sendiri.

8. Wawasan Nusantara sebagai wawasan ke wilayahan berfungsi dalam penentuan batas wilayah. Batas wilayah antardaerah perlu diperhatikan demi meminimalisasi . . . .
    a. Golongan putih
    b. Stabilitas ekonomi
    c. Disintegrasi bangsa
    d. Pembangunan nasional
    e. Kekuasaan yang otoriter

Penjelasan:
    Batas wilayah berhubungan dengan aspek pertahanan dan keamanan. Penentuan batas wilayah antardaerah maupun antarnegara bertujuan untuk meminimalisasi konflik yang dapat menciptakan disintegrasi bangsa. Penentuan batas wilayah harus dirundingkan oleh semua pihak yang terkait demi terwujudnya persatuan dan kesatuan.

9. Setiap warga negara Indonesia harus mengenali semua hal tentang Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah membentuk suatu konsep tentang Wawasan Nusantara. Warga negara Indonesia harus mempelajari konsep Wawasan Nusantara agar . . . .
    a. Penduduk Indonesia memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan negara Indonesia adil makmur, dan sentosa
    b Penduduk Indonesia memiliki pandangan yang sama tentang kedudukan Indonesia sebagai negara majemuk
    c. Bangsa Indonesia memiliki keyakinan yang kuat sebagai bangsa majemuk dan mampu mewujudkan persatuan dan kesatuas bangsa
    d. Semua warga negara Indonesia memili pandangan sama tentang diri dan lingkungan yang beragam dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan
    e. Seluruh masyarakat Indonesia memahami nilai kesejarahan bangsa dan negara Indonesia sehingga semua masyarakat bisa bersatu dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan

Penjelasan:
    Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan sekitar. Warga negara Indonesia penting mempelajari Wawasan Nusantara agar mereka memiliki cara pandang yang sama. Orang yang tinggal di Aceh akan sama pandangan keindonesiaannya dengan orang yang tinggal di Papua Barat. Persamaan cara pandang ini akan memperkuat rasa senasib sepenanggungan sebagai bagian bangsa Indonesia sehingga tercipta persatuan dan kesatuan bangsa.

10. Bacalah wacana berikut!
    Pesatnya kemajuan teknologi me mengaruhi tingkah laku masyarakat dalam kehidupan. Kemajuan teknologi tidak jarang dijadikan sebagal media melakukan tindak kejahatan. Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah telah mengesahkan Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Jika dikaitkan dengan isi Wawasan Nusantara dapat disimpulkan bahwa . . . .
    a. Pemerintah telah menjalankan peran sebagai wakil rakyat dengan baik
    b. Pemerintah telah membuat kebijakan dalam dokumen resmi kenegaraan
    c. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memanfaatkan kemajuan teknologi
    d. Kemajuan teknologi tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga dampak negatif
    e. Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam memerangi pesatnya perkembangan teknologi

Penjelasan:
    Isi dari konsep Wawasan Nusantara merupakan realisasi bangsa Indonesia yang dituangkan dalam peraturan Peraturan tersebut menjadi patokan kehidupan bagi hangsa Berdasarkan wacana pada soal dapat disimpulkan bahwa pemerintah telah membuat kebijakan dalam dokumen resmi kenegaraan, seperti Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik



B. Isilah dengan jawaban yang tepat!


1. Wawasan Nusantara secara resmi dirumuskan dalam Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1973 yang memuat tentang . . . .
Jawaban: Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN)

2. Konsepsi Wawasan Nusantara menghendaki bangsa Indonesia mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan . . . .
Jawaban: Pribadi atau golongan

3 Anda sebagai masyarakat Indonesia merupakan salah satu unsur dasar Wawasan Nusantara yang disebut dengan . . . .
Jawaban: Wadah (contour)

4. Dalam konsepsi Wawasan Nusantara, ancaman terhadap wilayah Indonesia menjadi tanggung jawab . . . .
Jawaban: Bangsa Indonesia

5. Perhatikan piramida berikut!


Dalam piramida tersebut, kedudukan Wawasan Nusantara berada satu tingkat di atas . . . .
Jawaban: Ketahanan nasional



C. Kerjakan soal soal berikut!


1. Bagaimana hubungan tujuan Wawasan Nusantara dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945?
Jawaban:
    Tujuan Wawasan Nusantara di satu sisi diarahkan ke luar. Tujuan Wawasan Nusantara ke luar dapat dilihat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi. dan keadilan sosial. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tujuan Wawasan Nusantara termuat dalam alinea keempat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

2. Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai landasan visional Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
Jawaban:
    Wawasan Nusantara sebagai visi bangsa ber kedudukan sebagai landasan visional. Artinya Wawasan Nusantara dijadikan pedoman dan rambu-rambu seluruh rakyat Indonesia dalam bertingkah laku demi terwujudnya cita-cita dan tujuan nasional.

3. Sebutkan peran Wawasan Nusantara dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
Wawasan Nusantara memiliki peran sebagai berikut.
    a. Mewujudkan serta memelihara persatuan dan kesatuan yang serasi dan selaras dalam segenap aspek kehidupan nasional.
    b. Menumbuhkan rasa tanggung jawab atau pemanfaatan lingkungan.
    c. Menegakkan kekuasaan guna melindungi kepentingan nasional.

4 Apa bukti bahwa konsepsi politik ketatanegaraan Republik Indonesia dan wilayah Indonesia yang berciri Nusantara tetap dipertahankan?
Penjelasan:
    Pada GBHN 1999 sebagaimana tertuang dalam Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1999 tidak lagi ditemukan rumusan mengenai Wawasan Nusantara. Meskipun rumusan Wawasan Nusantara tidak lagi termuat dalam GBHN, konsepsi politik ketatanegaraan Republik Indonesia dan wilayah Indonesia yang berciri Nusantara tetap dipertahankan. Hal ini tertuang dalam pasal 25 pada Bab IXA UUD NRI Tahun 1945 yang menyatakan bahwa "Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah dan batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang Undang undang yang mengatur hal ini adalah Undang Undang Nomor 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia.

5. Perhatikan gambar berikut!


Apabila dikaitkan dengan konsepsi Wawasan Nusantara, bagaimana sikap yang sebaiknya Anda lakukan ketika melihat tindakan tersebut?
Jawaban:
    Gambar pada soal tampak seseorang sedang melakukan penebangan pohon secara liar Penebangan pohon secara liar bertentangan dengan konsepsi Wawasan Nusantara yang menghendaki adanya pemanfaatan lingkungan secara bertanggung jawab. Pelaku penebangan secara liar harus segera dilaporkan kepada pihak yang berwajib agar diproses secara hukum. Pelaku penebangan pohon dapat dijerat pidana sesuai ketentuan pasal 82 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, yaitu pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp500.000.000,00 dan paling banyak Rp2.500.000.000,00.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih


Post a Comment

0 Comments