PPKn X - Semester 2 - Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI - Penilaian Harian (2021)

PPKn X - Semester 2 - Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI - Penilaian Harian (2021)

PPKn SMA/MA

Kelas X Semester 2





BAB III
Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI
"Penilaian Harian"




Penilaian Harian



A. Pilihlah jawaban yang tepat!


1. Pak Soni adalah seorang nelayan yang memasok ikan di seluruh Provinsi X. Tingginya permintaan konsumen membuat Pak Soni kelabakan. Akhirnya, Pak Soni merubah metode pencarian ikan dengan cara melakukan pengeboman Tindakan Pak Soni tidak sesuai dengan peran Wawasan Nusantara karena . . . .
    a. Pemanfaatan lingkungan tidak dilandasi dengan sikap tanggung jawab
    b. Mengutamakan kepentingan golongan daripada kepentingan umum
    c. Perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa menjadi terhambat
    d. Tidak mengedepankan sikap nasionalisme dan patriotisme
    e. Dapat mengancam pertahanan dan keamanan NKRI

Penjelasan:
    Salah satu peran Wawasan Nusantara adalah menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap pemanfaatan lingkungan. Peranan ini berkaitan dengan adanya hubungan yang erat, saling, terkait, dan ketergantungan antara bangsa dengan ruang hidupnya. Tindakan mencari ikan dengan pengeboman dapat menimbulkan kerusakan lingkungan yang pada akhirnya merugikan bangsa sendiri. Oleh karena itu, pemanfaatan lingkungan harus dilakukan secara bertanggung jawab.

2. Akhir tahun 2019 dunia digegerkan oleh Covid-19. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu berdampak di berbagai sektor kehidupan, salah satunya bidang pendidikan.. Meskipun demikian, pemerintah tidak hanya berpangku tangan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa proses pembelajaran diselenggarakan secara daring. Upaya yang telah dilakukan pemerintah sesual tujuan Wawasan Nusantara, yaitu . . . .
    a. Mewujudkan kesejahteraan secara merata
    b. Mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia
    c. Menjaga ketertiban di lingkungan. masyarakat
    d. Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
    e. Melindungi segenap bangsa Indonesia dari berbagai ancaman

Penjelasan:
    Tujuan Wawasan Nusantara memiliki dua arah tujuan, baik ke arah dalam maupun ke arah luar. Membuat kebijakan proses pembelajaran secara daring merupakan wujud pelaksanaan tujuan Wawasan Nusantara ke arah luar, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Tujuan Wawasan Nusantara tersebut termuat dalam alinea keempat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

3. Terjalinnya hubungan antara pemerintah Indonesia dengan negara lain merupakan wujud pelaksanaan asas Wawasan Nusantara, yaitu asas . . . .
    a. Kepentingan yang sama
    b. Kerja sama
    c. Solidaritas
    d. Kesetiaan
    e. Keadilan

Penjelasan:
    Pilihan a-e merupakan asas-asas Wawasan Nusantara. Terjalinnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan negara lain merupakan wujud pelaksanaan asas kerja sama. Kerja sama bilateral dapat dilakukan di berbagai sektor, seperti sektor ekonomi. Indonesia dapat memanfaatkan kekayaan alam untuk menjalin kerja sama dengan negara lain. Sebagai contoh, Indonesia telah menjalin perjanjian kemitraan ekonomi yang efektif dengan Australia sejak 5 Juli 2020. Dalam perjanjian tersebut, Australia telah menerapkan bea masuk nol persen terhadap produk dari Indonesia. Dengan demikian, anggaran tarif bea masuk dapat dialokasikan untuk kegiatan lain yang bertujuan menyejahterakan rakyat.

4. Visi bangsa Indonesia sesuai konsep Wawasan Nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa . . . .
    a. Kesatuan wilayah dapat menjadikan Indonesia sebagai negara adidaya
    b. Tiap-tiap wilayah memiliki tanggung jawab mengelola kekayaan alam yang ada secara utuh
    c. Gangguan yang mengancam daerah lain menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia
    d. Keberagaman di Indonesia harus dilebur menjadi satu kesatuan yang utuh agar serasi dan harmonis
    e. Homogenitas di tiap-tiap wilayah memegang peranan penting dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa

Penjelasan:
    Satu kesatuan wilayah berarti mencakup daratan, perairan, dan dirgantara. Kesatuan wilayah Indonesia yang satu dan utuh terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang menimpa wilayah Indonesia menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia. Dengan mengedepankan sikap persatuan dan kesatuan bangsa, keutuhan NKRI akan terjaga.

5. Setiap warga negara harus memiliki cara pandang yang sama terhadap bangsa dan negara agar dapat
    a. Memperkukuh persatuan dan kesatuan
    b. Meningkatkan chauvinisme warga negara
    c. Menciptakan keharmonisan dengan negara asing
    d. Memperkuat Indonesia sebagai negara adidaya
    e. Memperkenalkan keberagaman Indonesia kepada negara asing

Penjelasan:
    Persatuan dan kesatuan bangsa alcan terwujud apabila seluruh bangsa bersatu memperkuat jiwa nasionalisme atau cinta tanah air. Bangsa Indonesia dengan nasionalisme tinggi akan mampu memahami kondisi dari keseluruhan Indonesia, baik darat, laut, ruang udara, serta seluruh potensi yang dimilikinya sehingga cita cita dan tujuan negara mudah tercapal.

6. Isi Wawasan Nusantara dalam eksistensinya meliputi cita-cita dan tujuan nasional Indonesia Isi Wawasan Nusantara yang termuat dalam tujuan nasional secara umum ditunjukkan oleh pernyataan
    a. Indonesia mengirimkan pasukan Kontingen Garuda ke Kongo dan Lebanon.
    b. Pak Galih berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong membersihkan selokan.
    c. Pemerintah menyediakan fasilitas umum yang ramah bagi penyandang disabilitas
    d. Seluruh siswa memperhatikan penjelasan Pak Soni saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
    e. Ketua RW bersama warga menyelenggarakan musyawarah menyambut peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Penjelasan:
    Isi Wawasan Nusantara tecermin dalam perspektif kehidupan manusia Indonesia. Isi Wawasan Nusantara dalam eksistensinya meliputi cita-cita bangsa, tujuan nasional, dan asas manunggal yang terpadu. Tujuan nasional Indonesia dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 terdiri atas melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Isi Wawasan Nusantara secara khusus terdapat pada pernyataan a yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamalan abadi, dan keadilan sosial melalui pengiriman Kontingen Garuda ke negara lain.

7. Salah satu fungsi Wawasan Nusantara adalah sebagai rambu-rambu dalam pembuatan kebijakan publik. Kebijakan publik yang sesuai dengan Wawasan Nusantara harus . . . .
    a. Mengutamakan kebutuhan pemerintah
    b. Mewujudkan keinginan masyarakat yang membutuhkan
    c. Memeratakan ekonomi dan pembangunan dalam masyarakat
    d. Menciptakan kebijakan publik yang menguntungkan suatu kelompok
    e. Mengutamakan kepentingan nasional agar tercipta kebijakan yang baik

Penjelasan:
    Pemerintah dalam membuat kebijakan publik harus sesuai fungsi Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara dijadikan sebagal rambu rambu agar dalam setiap pembuatan kebijakan harus bersikap hati-hati dan senantiasa mengutamakan kepentingan nasional.

8. Mayoritas penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani. Hamparan lahan di Indonesia dimanfaatkan oleh petani untuk bercocok tanam, seperti padi, kedelai, sayuran, serta beragam jenis kebutuhan pangan. Indonesia diharapkan tidak lagi melakukan impor bahan pangan dari negara asing dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara mandiri. Pernyataan tersebut selaras dengan asas pemanfaatan kekayaan alam, yaitu asas . . . .
    a. Lestari
    b. Keadilan
    c. Maksimal
    d. Daya saing
    e. Keseimbangan

Penjelasan:
    Pemanfaatan kekayaan alam harus mem perhatikan tiga asas, yaitu asas maksimal, lestari, dan daya saing. Berdasarkan asas daya asing, kekayaan alam harus dimanfaatkan sebagai alat untuk mengurangi ketergantungan kepada negara lain. Pemanfaatan kekayaan alam Indonesia diharapkan tidak hanya mampu melepaskan ketergantungan dari negara lain, tetapi juga dapat menjadi negara pemasok kebutuhan negara lain.

9. Ketua RW mengadakan musyawarah pelaksanaan kerja bakti bersama seluruh warga. Ketua RW memilih musyawarah sebagai metode. pengambilan keputusan agar tidak menimbulkan konflik antarmasyarakat. Tindakan Ketua RW sesuai konsepsi Wawasan Nusantara dalam ketahanan di bidang . . . .
    a. Politik
    b. Hukum
    c. Ekonomi
    d. Ideologi
    e. Sosial budaya

Penjelasan:
    Musyawarah menjadi kata kunci menjawab soal Musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah Pelaksanaan masyawarah sebagai upaya mengambil keputusan bersama mencerminkan nilai sila keempat Pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan. Setiap anggota musyawarah berhak menyampaikan pendapat dan berkewajiban menghormati pendapat orang lain demi tercapainya kata mufakat.

10. Kekayaan alam mempunyai manfaat nyata jika telah diolah oleh penduduk yang memiliki kemampuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Pernyataan tersebut menunjuldan adanya hubungan antara . . . .
    a. Gatra kependudukan dan gatra kekayaan alam
    b. Gatra kependudukan dan ekonomi
    c. Gatra geografi dan kekayaan alam
    d. Gatra ekonomi dan kekayaan alam
    e. Gatra geografi dan ekonomi

Penjelasan:
    Hubungan antara gatra kependudukan dan gatra kekayaan alam, artinya kehidupan dan penghidupan pendudukan dipengaruhi oleh jenis, kualitas, kuantitas, dan persebaran kekayaan alam. Demikian pula sebaliknya jenis, kualitas, kuantitas, dan persebaran kekayaan alam dipengaruhi oleh faktor-faktor kependudukan khususnya kekayaan alam yang terbarukan. Kekayaan alam mempunyai manfaat nyata jika telah diolah oleh penduduk yang memiliki kemampuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

11. Kurangnya lapangan pekerjaan di suatu daerah mendorong penduduk untuk berpindah ke ibu kota. Mereka berbondong-bondong ke ibu kota dengan harapan mendapatkan pekerjaan. Pernyataan tersebut membuktikan bahwa jumlah penduduk dipengaruhi oleh . . . .
    a. Mortalitas
    b. Mobilitas
    c. Natalitas
    d. Fertilitas
    e. Migrasi

Penjelasan:
    Migrasi adalah perpindahan penduduk dari tempat satu ke tempat yang lain untuk menetap. Migrasi adalah salah satu faktor yang memengaruhi jumlah, kepadatan, dan pertumbuhan penduduk. Migrasi dapat disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan, kepadatan penduduk, sumber daya alam kurang, keinginan memperbaiki hidup, maupun melanjutkan pendidikan. Selain migrasi, jumlah penduduk dipengaruhi oleh mortalitas atau kematian dan fertilitas atau kelahiran. Jumlah penduduk merupakan salah satu unsur penting dalam ketahanan demografi dalam aspek trigatra Wawasan Nusantara.

12. Perhatikan gambar berikut!


Hubungan antara aplikasi di atas dengan aspek pancagatra Wawasan Nusantara adalah . . . .
    a. Masyarakat memiliki kendali seutuhnya terhadap kebijakan pemerintah
    b. Pembuatan kebijakan menunggu aspirasi masyarakat dalam jumlah tertentu
    c. Masyarakat memiliki wadah untuk. menyampaikan aspirasi kepada pemerintah
    d. Pemerintah berkewajiban mengaplikasikan masukan masyarakat dalam kebijakan yang akan dibuat
    e. Pemerintah berkewajiban membuat kebijakan yang menguntungkan masyarakat secara homogen

Penjelasan:
    E-complaint adalah aplikasi aduan online berbasis aplikasi android. Masyarakat diberi kebebasan menyampaikan aspirasi maupun pengaduan secara bertanggung jawab melalui aplikasi tersebut. Masyarakat berperan memberi masukan (input) berupa pernyataan, keinginan, dan tuntutan rakyat. Adapun pemerintah berfungsi mengeluarkan ketentuan (output) berupa kebijakan umum yang bersifat keputusan politik. Kebijakan pemerintah harus disesuaikan keinginan, pengaduan, dan tuntutan rakyat demi tercapainya tujuan nasional.

13. Bacalah wacana berikut!
    Pemerintah daerah X melakukan terobosan baru untuk menarik wisatawan, Pemerintah daerah X memanfaatkan kemajuan teknologi dengan membuat website. Beragam kekayaan dan keindahan alam serta beragam kebudayaan daerah X diunggah ke website tersebut. Upaya tersebut berdampak baik bagi sektor pariwisata. Tingginya wisatawan mampu meningkatkan pendapatan daerah X.
Wacana tersebut menunjukkan contoh adanya hubungan antargatra, yaitu . . . .
    a. Gatra ideologi dengan gatra politik
    b. Gatra politik dengan gatra ekonomi
    c. Gatra ekonomi dengan gatra ideologi
    d. Gatra politik dengan gatra sosial budaya
    e. Gatra sosial budaya dengan gatra ekonomi

Penjelasan:
    Hubungan antara gatra sosial budaya dengan gatra ideologi, politik, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan yaitu kehidupan sosial budaya yang serasi, stabil, dinamis, berbudaya, dan berkepribadian akan meyakinkan kebenaran ideologi, memberikan iklim yang kondusif untuk kehidupan politik yang berbudaya, kehidupan ekonomi yang tetap mementingkan kebersamaan, serta kehidupan pertahanan dan keamanan yang menghormati hak-hak individu. Sebagai contoh, pemublikasian budaya dan kekayaan alam daerah mampu meningkatkan pendapatan. Meningkatnya pendapatan daerah akan berdampak pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

14. Perhatikan unsur-unsur berikut
    1) Umur
    2) Fertilitas
    3) Mortalitas
    4) Kesehatan
    5) Recerdasan
    6) Kondisi sosial
    7) Tingkat pendidikan
Unsur-unsur yang memengaruhi kualitas penduduk ditunjuldan oleh angka . . . .
    a. 1), 2), dan 3)
    b. 2), 3), dan 4)
    c. 3), 4), dan 5)
    d. 4), 5), dan 6)
    e. 5), 6), dan 7)

Penjelasan:
    Kualitas penduduk dapat berupa fisik dan nonfisik. Kualitas fisik meliputi kesehatan, gizi, dan kebugaran. Adapun nonfisik merupakan kualitas intelektual dan mental termasuk kemandirian, keuletan, dan keimanan. Kualitas penduduk yang baik akan meningkatkan kecerdasan, keterampilan, sikap mental, kondisi sosial, dan ekonomi. Unsur pada angka 1) dan 7) memengaruhi komposisi penduduk. Adapun unsur pada angka 2) dan 3) memengaruhi jumlah dan kepadatan penduduk. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan d, yaitu angka 4), 5), dan 6).

15. Bacalah berita berikut!
    Pada awal tahun 2019, pemerintah mengumumkan formula baru harga dasar yang digunakan dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM umum. Akibatnya, harga BBM jenis premiom di wilayah, Jawa, Madura, dan Bali turun mulai pada 10 Februari 2019 menyesuaikan harga di luar wilayah tersebut. Harga premium Jawa-Ball ditetapkan sebesar Rp6.450 dari sebelumnya Rp6.550. Perhitungan harga jual eceran BBM disesuaikan dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 19 K/10/MEM/2019 Kebijakan ini diambil untuk melindungi kresumen menjaga dan melindungi pelak usaha agar bersaing dengan sehat dan adil.
Implementasi Wawasan Nusantara pada berita di atas merupakan upaya untuk . . . .
    a. Menertibkan masyarakat dalam pembayaran pajak
    b. Mengendalikan nilai tukar rupiah terhadap dolar
    c. Meningkatkan kesejahteraan rakyat
    d. Meningkatkan daya beli masyarakat
    e. Mengurangi tingkat pengangguran

Penjelasan:
    Pemerataan atau pemberlakuan satu harga BBM merupakan wujud implementasi Wawasan Nusantara di bidang ekonomi. Penyesuaian harga BBM antardaerah merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai contoh, Bu Siwi sebelumnya harus mengeluarkan uang sebesar Rp20.000,00 untuk membeli satu liter BBM. Akan tetapi, setelah adanya kebijakan permberlakuan satu harga, anggaran pembelian BBM dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain. Dengan demikian, kesejahteraan rakyat akan terwujud.

16. Adanya alokasi dana untuk pengadaan alutsista dan perawatannya menunjukkan upaya pemerintah mengimplementasikan Wawasan Nusantara dalam bidang . . . .
    a. Pertahanan dan keamanan
    b. Sosial budaya
    c. Ekonomi
    d. Ideologi
    e. Politik

Penjelasan:
    Alutsista menjadi kata kunci menjawab soal Adanya dana anggaran untuk pembelian alutsista menunjukkan adanya upaya implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan. Pembelian alutsista dan perbaikan sarana dan prasarana bertujuan untuk mengoptimalkan peran TNI dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara demi keutuhan NKRI.

17. Bacalah berita berikut!
    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor membentuk Gerakan Sunda Teh Abdi. Gerakan tersebut memiliki sembilan strategi yang akan dilaksanakan, seperti memanfaatkan ruang publik untuk aspek budaya, penerapan budaya Sunda dalam penyelenggaraan pendidikan, penggunaan adat Sunda (nyunda), memperkenalkan kerajinan, suvenir dan kuliner tradisional khas Kota Bogor, serta menciptakan seni yang kreatif, responsif, proaktif, dan dinamis.
Penggalan berita tersebut menunjukkan implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang . . . .
    a. Politik
    b. Ideologi
    c. Ekonomi
    d. Sosial budaya
    e. Pertahanan keamanan

Penjelasan:
    Gerakan Sunda Teh Abdi telah melaksanakan upaya pelestarian budaya sebagai implementasi Wawasan Nusantara. Pelestarian budaya dilatarbelakangi permasalahan masih rendahnya minat serta rasa cinta generasi muda dan masyarakat terhadap pelestarian budaya Sunda. Melalui program pelestarian diharapkan kebudayaan Indonesia tetap terjaga.

18. Implementasi Wawasan Nusantara di bidang sosial budaya bertujuan untuk . . . .
    a. Menjaga kelestarian budaya
    b. Mencapai pembangunan nasional
    c. Mewujudkan pemerintahan yang demokratis
    d. Mewujudkan keamanan di lingkungan sekitar
    e. Meningkatkan peran Indonesia dalam dunia internasional

Penjelasan:
    Implementasi Wawasan Nusantara di bidang sosial budaya untuk melestarikan kekayaan Indonesia dapat dilakukan dengan cara pelestarian budaya, pengembangan museum, dan cagar budaya. Pilihan b adalah manfaat mengimplementasikan Wawasan Nusantara di bidang ekonomi. Pilihan c dan e adalah manfaat mengimplementasikan Wawasan Nusantara. di bidang politik. Pilihan d adalah manfaat mengimplementasikan Wawasan Nusantara di bidang pertahanan dan keamanan. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan a.

19. Salah satu manfaat implementasi Wawasan Nusantara adalah bertambahnya luas wilayah Indonesia. Manfaat tersebut diperoleh sejak . . . .
    a. Masa pemerintahan reformasi
    b. Deklarasi Djuanda dilaksanakan
    c. Masa perjuangan nenek moyang
    d. Dijajah oleh pemerintahan Jepang
    e. Dijajah oleh pemerintahan Belanda

Penjelasan:
    Dalam konteks pengakuan wilayah, konsep wilayah atau tanah air Nusantara secara keseluruhan telah diakui dan diterima dalam kesepakatan di forum-forum internasional. Kini wilayah Indonesia dianggap sebagai kesatuan utuh yang tidak bisa dipisah-pisah. Integritas wilayah atau kepulauan Indonesia dengan laut laut yang berada di antara pulaunya menegaskan hak milik bangsa Indonesia. Sejak kemerdekaan hingga ditandatanganinya Deklarasi Djuanda, bangsa Indonesia dapat menyaksikan bahwa negara kesatuan yang diidam-idamkan bangsa Indonesia akhirnya tercapai. Salah satu isi Deklarasi Djuanda yaitu adanya pengakuan Landas Kontinen dan ZEE oleh masyarakat dunia yang menghasilkan pertambahan luas wilayah dan penambah modal serta hak milik bangsa Indonesia untuk kesejahteraan bersama.

20. Para pemuda Indonesia sebaiknya mengakui manfaat mempelajari Wawasan Nusantara dalam bidang pertahanan dan keamanan karena . . . .
    a. Dapat meningkatkan semangat bela negara para pemuda
    b. Negara-negara lain tidak memilika Wawasan Nusantara
    c. Indonesia kekurangan tentara untuk menjaga kedaulatan negara
    d. Konsep Wawasan Nusantara harus dihargai para pemuda Indonesia
    e. Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai landasan asional bangsa

Penjelasan:
    Mempelajari dan memahami konsep Wawasan Nusantara dalam bidang pertahanan dan keamanan akan meningkatkan semangat bela negara. Para pemuda akan sadar pentingnya menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setelah kesadaran itu tumbuh, semangat bela negara akan muncul sebagaimana yang diatur dalam pasal 27 ayat (3) UUD NRI Tahun 1945 yang menyatakan baliwa bela negara merupakan hak dan kewajiban warga negara.



B. Isilah dengan jawaban yang tepat!


1. Tujuan Wawasan Nusantara yang diarahkan ke luar terdapat dalam alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yaitu alinea . . . .
Jawaban: Keempat

2. Wawasan Nusantara dalam paradigma nasional berkedudukan sebagai . . . bangsa.
Jawaban: Visi

3. Masyarakat Indonesia sebagai unsur dasar Wawasan Nusantara dapat melakukan pem belaan negara karena setiap orang memiliki persamaan . . . dan . . . .
Jawaban: Hak; kewajiban

4. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian merupakan bentuk tata laku secara . . . .
Jawaban: Lahiriah

5. Jumlah penduduk harus seimbang dengan lapangan pekerjaan agar tidak terjadi peningkatan jumlah . . . .
Jawaban: Pengangguran

6. Kualitas pendidikan dapat dikembangkan dan dibina melalui jalur . . . .
Jawaban: Pendidikan

7. Bangsa Indonesia dalam melihat diri dan lingkungannya harus berpijak dan berpedoman. pada nilai-nilai . . . .
Jawaban: Pancasila

8. Pembangunan ekonomi harus memperhatikan . . . dan keseimbangan antara daerah.
Jawaban: Keadilan

9. Pelaksanaan pemilu harus dijalankan dengan prinsip demokrasi dan keadilan agar tidak menghancurkan . . . dan . . . bangsa.
Jawaban: Persatuan; kesatuan

10. Wilayah Indonesia dianggap sebagai kesatuan utuh yang tidak bisa dipisah-pisah merupakan hasil kesepakatan dalam Deklarasi . . . .
Jawaban: Djuanda



C. Kerjakan soal-soal berikut!


1. Apa dampak yang akan Anda terima apabila mampu memahami Wawasan Nusantara?
Jawaban:
    Memahami dan mempelajari Wawasan Nusantara akan mampu membentuk rasa cinta kepada bangsa dan negara. Kecintaan kepada bangsa dan negara akan mampu meminimalisasi konflik sehingga mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Seluruh kekayaan wilayah Nusantara adalah modal dan milik bangsa Indonesia yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Bagaimana sikap bijak yang sebaiknya Anda lakukan?
Jawaban:
    Setiap warga negara memiliki hak untuk memanfaatkan kekayaan alam yang tersimpan di wilayah Indonesia. Pemanfaatan kekayaan alam harus dilandasi dengan sikap tanggung jawab demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Sikap tanggung jawab dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekayaan alam seperlunya dan semestinya melalui cara yang sewajarnya.

3. Kelemahan di salah satu gatra dapat meng akibatkan kelemahan di gatra lain dan memengaruhi kondisi secara keseluruhan. Mengapa demikian?
Jawaban:
    Kelemahan di salah satu gatra dapat meng akibatkan kelemahan di gatra lain dan memengaruhi kondisi secara keseluruhan. Begitu juga dengan pendayagunaan gatra. Dari salah satu atau beberapa gatra dapat didayagunakan untuk memperkuat gatra lainnya yang lemah dan memengaruhi kondisi secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan setiap gatra pada aspek trigatra dan pancagatra memiliki hubungan timbal balik yang dinamakan korelasi dan interdependensi.

4. Perhatikan gambar berikut!


Jelaskan hubungan antara gambar di atas dengan ketahanan pertahanan dan keamanan Indonesia!
Jawaban:
    Gambar pada soal adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sedang menjaga daerah perbatasan. Berdasarkan pasal 30 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945, TNI adalah kekuataan utama dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta Peran TNI sangat penting demi menjaga keutuhan NKRI karena wilayah Indonesia yang berbatasan dengan negara lain rawan akan konflik. Selain TNI, sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta juga dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

5. Perhatikan gambar berikut!


Jelaskan hubungan antara kegiatan pada gambar dengan implementasi Wawasan Nusantara!
Jawaban:
    Menolong korban bencana banjir merupakan bentuk implementasi Wawasan Nusantara di bidang sosial budaya. Sebagai makhluk sosial, setiap warga negara harus mengedepankan sikap tolong-menolong tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, maupun golongan. Menolong sesama dalam kesulitan merupakan tindakan kemanusiaan yang harus dilakukan tanpa pamrih.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih


Post a Comment

0 Comments