Biologi X - Animalia - Uji Kompetensi 1 - A1 - (2021)

Biologi X - Animalia - Uji Kompetensi 1 - A1 - (2021)

                                                                                                                          

Biologi SMA/MA

Kelas X



BAB II
Animalia
"Ciri-Ciri Umum Animalia"



Perhatikan gambar berikut!

Pernyataan yang benar mengenai simetri tubuh hewan tersebut adalah . . . .

    a. Disebut hewan radiata karena jika bagian tubuh dipotong akan dihasilkan potongan potongan tubuh dengan bentuk yang sama.
    b. Memiliki bentuk tubuh simetri radial karena mempunyai sisi atas (dorsal) dan sisi bawah (ventral), sisi kepala atau sisi depan yang disebut anterior, dan sisi ekor atau sisi belakang yang disebut posterior.
    c. Memiliki bentuk tubuh simetri bilateral karena bagian tubuh tersusun bersebelahan dengan bagian lainnya sehingga akan diperoleh bagian yang sama jika dipotong dari anus hingga mulut.
    d. Bentuk simetri tubuhnya disebut simetri bilateral karena bagian tubuh tersusun melingkar sehingga jika dilakukan pe motongan pada bagian tubuhnya akan diper oleh potongan-potongan dengan bentuk yang sama.
    e. Memiliki simetri tubuh bilateral karena mem punyai bagian puncak yang disebut sisi oral dan bagian dasar yang disebut sisi aboral.

Penjelasan:

    Berdasarkan simetri tubuhnya, hewan dibedakan menjadi simetri radial dan simetri bilateral. Hewan pada gambar memiliki bentuk tubuh simetri radial. Hewan yang bentuk tubuhnya simetri radial, artinya bagian tubuhnya tersusun melingkar. Jika bagian tubuhnya dipotong akan dihasilkan potongan-potongan tubuh dengan bentuk yang sama. Hewan dengan simetri radial ini hanya mempunyai bagian puncak yang disebut sis oral dan bagian dasar yang disebut sist aboral. Hewan yang memiliki bentuk tubuh simetri radial disebut hewan radiata. Simetri bilateral artinya bagian tubuhnya tersusun bersebelahan dengan bagian lainnya. Dengan demikian, jika hewan tersebut dipotong melalui mulut dan anusnya, kita akan mendapatkan bagian yang sama antara sisi kiri dan sisi kanan. Hewan bersimetri bilateral ini mempunyai sisi atas (dorsal) dan sisi bawah (ventral), sisi kepala atau sisi depan yang disebut anterior, dan sisi ekor atau sisi belakang yang disebut posterior.





Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih

Post a Comment

0 Comments