Biologi X - Ekosistem - Penilaian Harian - C4 - (2021)

Biologi X - Ekosistem - Penilaian Harian - C4 - (2021)

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

Biologi SMA/MA

Kelas X



BAB III
Ekosistem
"Penilaian Harian"




Sebagian besar wilayah Indonesia didominasi oleh hutan. Hutan merupakan sumber daya alam yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat. Namun, selama 25 tahun terakhir terjadi eksploitasi sumber daya dan pembangunan infrastruktur besar-besaran dengan cara menebangi hutan secara liar yang dapat ber dampak buruk bagi kelangsungan hutan. Kegiatan tersebut termasuk bagian dari deforestasi hutan. Menurut Forest Watch Indonesia tahun 2011, persentase luas deforestasi di seluruh wilayah Indonesia selama periode tahun 2000-2009 dapat digambarkan seperti pada diagram berikut.
Berdasarkan data tersebut, jawablah pertanyaan pertanyaan berikut.
    a. Mengapa deforestasi terkonsentrasi pada Pulau Kalimantan dan Sumatra?
    b. Mengapa laju deforestasi di Pulau Jawa lebih rendah dibandingkan dengan Pulau Sulawesi?
    c. Apa yang akan terjadi jika deforestasi hanya terkonsentrasi pada satu wilayah di Indonesia?
    d. Apa dampak yang ditimbulkan dari adanya deforestasi terhadap keseimbangan ekosistem di hutan?

Jawaban:

    a. Deforestasi adalah kegiatan penebangan pohon dengan tujuan pengalihfungsian lahan di hutan. Lahan di hutan dapat dialihfungsikan menjadi lahan pertanian, perindustrian, perkebunan, bahkan permukiman penduduk Pulau Kalimantan dan Sumatra merupakan dua wilayah Indonesia yang memiliki hutan sangat luas. Dengan luasnya hutan di kedua wilayah tersebut, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab ingin memanfaatkan lahan hutan untuk kepentingan pribadi. Selain itu, Pemerintah belum mampu mengontrol secara masif terhadap pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan hutan di kedua wilayah tersebut. Akibatnya, keglatan deforestasi yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab lolos dari pengawasan pemerintah.

    b. Laju deforestasi di Pulau Jawa lebih rendah dibandingkan dengan Pulau Sulawesi. Hal Ini karena hutan di Pulau Jawa tidak seluas di Pulau Sulawesi. Persentase hutan di Pulau Jawa sangat rendah, yaitu sekitar 14% dari total luas daratan. Selain itu, Pulau Jawa juga memiliki jumlah penduduk sangat padat sehingga tutupan hutan di wilayah tersebut sangat sempit.

    c. Jika deforestasi hanya terkonsentrasi pada satu wilayah, sumber daya hutan di wilayah tersebut akan makin berkurang. Akibatnya, dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem di dalamnya. Selain itu, adanya. kegiatan deforestasi menyebabkan wilayah tersebut akan memiliki lahan gundul yang luas jika tidak diikuti dengan rebolsasi. Kondisi ini dapat memicu terjadinya banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

    d. Kegiatan deforestasi menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem di hutan. Hal ini karena kegiatan tersebut dapat menurunkan keanekaragaman hayati. Tumbuhan di hutan yang berperan menjaga siklus air akan makin berkurang sehingga keberlangsungan siklus air menjadi terganggu. Selain tumbuhan, hewan di hutan juga makin berkurang karena kehilangan habitat dan sumber makanannya. Apabila kegiatan ini terus-menerus dilakukan dapat memicu kepunahan tumbuhan dan hewan.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih

Post a Comment

0 Comments