Biologi X - Perubahan Lingkungan dan Dampaknya bagi Kehidupan - Uji Kompetensi 2 - C3 - (2021)

Biologi X - Perubahan Lingkungan dan Dampaknya bagi Kehidupan - Uji Kompetensi 2 - C3 - (2021)

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

Biologi SMA/MA

Kelas X



BAB IV
Perubahan Lingkungan dan Dampaknya bagi Kehidupan
"Pengelolaan Lingkungan"




Setiap tahun Indonesia kehilangan hutan hingga mencapai sekitar 684.000 hektare. Berkurangnya luas hutan disebabkan oleh deforestasi (penggundulan hutan) yang dilakukan oleh manusia. Selain deforestasi, luas hutan berkurang karena faktor kebakaran hutan. Data dari Global Forest Resources Assesment menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan kedua tertinggi di dunia sebagai negara yang kehilangan hutannya. Apabila Anda bertindak sebagai pengelola hutan, bagaimana upaya Anda untuk mengembalikan fungsi hutan tersebut?

Jawaban:

    Deforestasi (penggundulan hutan) dapat dilakukan melalui penebangan pohon secara liar dan alih fungsi lahan di hutan. Akibatnya, luas hutan makin berkurang dan keanekaragaman makhluk hidup makin menurun. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai berikut.
    a. Melakukan reboisasi di lahan hutan yang gundul. Reboisasi berfungsi sebagai pelestarian sumber daya alam, mengurangi pencemaran lingkungan, serta mencegah terjadinya banjir dan erosi tanah.
    b. Memberlakukan sistem tebang pilih. Sistem tebang pilih adalah suatu tindakan penebangan pohon secara selektif bagi pohon-pohon yang memenuhi persyaratan untuk ditebang, baik dari segi umur, ukuran, ketersediaan jenis, maupun jumlahnya. Sistem tebang pilih bertujuan untuk menjaga keanekaragaman jenis tumbuhan di hutan.
    c. Menerapkan sistem tebang tanam. Sistem ini sangat penting dilakukan untuk pelestarian hutan dan menjaga kesuburan tanah. Sistem ini dilakukan dengan cara menebang pohon yang kemudian diganti dengan menanam pohon yang baru pada tahan tersebut






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih

Post a Comment

0 Comments