Biologi X - Penilaian Akhir Tahun - A20 - (2021)

Biologi X - Penilaian Akhir Tahun - A20 - (2021)

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

Biologi SMA/MA

Kelas X




"Penilaian Akhir Tahun"




Perhatikan piramida biomassa berikut!
Pernyataan yang tepat mengenal piramida tersebut adalah . . . .
    a. Jumlah produsen pada piramida (a) lebih banyak dibandingkan jumlah konsumen primernya, sedangkan jumlah produsen pada piramida (b) lebih sedikit daripada jumlah konsumen primernya.
    b. Piramida (a) menunjukkan piramida biomassa pada ekosistem perairan, sedangkan piramida (b) menunjukkan piramida blomassa pada ekosistem daratan.
    c. Piramida (a) merupakan piramida biomassa pada ekosistem daratan, sedangkan piramida (b) merupakan piramida biomassa pada ekosistem perairan.
    d. Bentuk piramida biomassa pada semua ekosistem ditunjukkan pada piramida (a), sedangkan piramida (b) tidak mungkin terjadi dalam ekosistem.
    e. Jumlah biomassa yang digunakan pada tiap e, trofik di piramida (a) lebih sedikit daripada piramida (b). 

Penjelasan:

    Penentuan tiap tingkatan trofik pada piramida (b), biomassa didasarkan pada pengukuran massa individu dalam gram berat kering per m². Piramida blomassa merupakan penggambaran yang lebih realistik dibandingkan dengan piramida jumlah. Piramida (a) menunjukkan piramida biomassa di daerah daratan, sedangkan piramida (b) menunjukkan piramida biomassa di daerah perairan. Pada daerah perairan bentuk piramida biomassa menjadi terbalik. Produsen di daerah perairan didominasi oleh kelompok Algae dan fitoplankton. Jumlah produsen pada daerah tersebut memang berlimpah tetapi total biomassanya tidak mampu melebihi total biomassa konsumen I (yang terdiri atas ikan-ikan kecil dan udang-udangan). Biomassa konsumen Il yang terdiri atas ikan-ikan besar juga melebihi konsumen 1. Kondisi ini apabila digambarkan akan membentuk piramida yang terbalik. Sementara itu, pada daerah daratan membentuk piramida yang mengerucut ke atas karena jumlah biomassa pada tingkat trofik bawah lebih besar daripada tingkat trofik di atasnya. Sementara itu, piramida biomassa tidak dapat menjadi acuan. dasar untuk menentukan jumlah organisme di tiap trofiknya. Oleh karena itu, pernyataan pada opsi a tidak tepat. Adapun total biomassa yang digunakan baik pada piramida (a) maupun (b) adalah sama, yaitu 10% dari total biomassa.





Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih

Post a Comment

0 Comments