Biologi XI - Semester 2 - Sistem Pertahanan Tubuh pada Manusia - Penilaian Harian - | A6 | 2022

Biologi XI - Semester 2 - Sistem Pertahanan Tubuh pada Manusia - Penilaian Harian - | A6 | 2022

                                                                            

Biologi XI


Bab V

Sistem Pertahanan Tubuh pada Manusia 




Penilaian Harian


A. Pilihlah jawaban yang tepat!


6. Suatu patogen diketahui menyebar ke seluruh tubuh melalui cairan interstisial. Antibodi dapat menginaktivasi patogen tersebut dengan cara . . . .
    a. Aglutinasi
    b. Netralisasi
    c. Presipitasi
    d. Opsonisasi
    e. Fiksasi komplemen

Jawaban: c

Penjelasan:

Cara kerja antibodi dalam menginaktivasi sebagai berikut.
  1) Presipitasi (pengendapan), yaitu pengikatan antigen yang terlarut dalam cairan tubuh (cairan interstisial) oleh antibodi sehingga membentuk endapan yang akan dikeluarkan dan dibuang melalui fagositosis.
  2) Netralisasi, yaitu antibodi berikatan pada sisi penghubung determinan (epitop) suatu antigen sehingga aktivitas antigen menjadi terhambat. Antibodi yang berikatan dengan antigen akan memproduksi senyawa opsonin agar fagosit dapat segera mencerna antigen tersebut. Kemampuan antigen dalam memproduksi opsonin dinamakan opsonisasi.
  3) Aglutinasi (penggumpalan), yaitu kondisi ketika suatu antibodi mengikat antigen pada seluruh sisi pengikatannya. Dengan demikian, satu antibodi dapat berikatan dengan banyak antigen sejenis sekaligus. Adanya ikatan kompleks antibodi-antigen tersebut mengakibatkan ukurannya menjadi lebih besar sehingga fagosit lebih mudah mencernanya.
  4) Fiksasi komplemen, yaitu aktivasi protein komplemen oleh kompleks antibodi antigen. Protein komplemen berperan dalam menghancurkan dinding sel dan membran plasma mikroorganisme.






Kami mohon maaf bila ada kesalahan jawaban maupun pertanyaan..
Berilah komentar kesalahan apa yang ada dan kami akan merevisinya.
terima kasih

 

Post a Comment

0 Comments